Pulau Siladen

Pulau Siladen

      Pulau Siladen, Pulau ini merupakan salah satu dari lima Pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Pulau dengan luas 31,25 hektar ini mempunyai pasir berwarna putih bersih yang ditumbuhi pepohonan palem, sagu, woka, silar, dan juga deretan kelapa. Anda dapat mengunjungi Pulau siladen ini dari kota Manado yang berjarak hanya sekitar 3 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan dengan menggunakan kapal motor. Pulau ini sangat cocok untuk Anda menginginkan ketenangan alam dan suasana yang damai.

      Karena pulau ini menawarkan harmonisasi pemandangan alam, dan keindahan bawah lautnya yang sungguh mempesona. Suasana yang tenang pun dapan Anda dapatkan di Pulau Siladen ini. Banyak fasilitas yang disediakan di pulau ini dinataranya adalah katamaran (perahu kaca), diving center, cottage, serta warung makan yang dapat Anda coba disini. Terumbu karang yang beraneka ragam menjadikan keindahan bawah laut di Pulau Siladen begitu menajubkan. Biota lautnya yang lucu dengan warna yang bervariasi juga tidak kalah indahnya dan dapat Anda nikmati disini.terdapat dua lokasi penyelaman di Pulau ini yaitu Siladen dan Siladen Utara dengan kedalaman berkisar 20 meter hingga 50 meter. Dinding karang di dasar laut pulau ini terlihat seperti rak buku dan di setiap rak terdapat berbagai jenis ikan yang berbeda.

      Bermacam-macam jenis ikan yang lucu dan bervariasi ini sebagai penghuni perairan Pulau Siladen diantaranya oci putih, lolosi ekor kuning, ikan kuda gusumi, ila gasi, dan banyak lagi. Anda juga dapat menemukan beberapa moluska disini seperti kima raksasa, kepala kambing, nautilus berongga dan tunikates atau ascidian. Tidak hanya perairan Pulau Siladen yang kaya akan biota nya, di daratan Pulau ini Anda juga kaan menemui banyak satwa diantaranya rusa, kuskus, kera hitam, dan berbagai burung yang berkicau menambah suasana harmonis di Pulau Siladen. Banyak sekali kegiatan menarik dan mengasikkan yang dapat Anda lakukan di Pulau Siladen ini seperti berkeliling dengan menaiki perahu berkaca, snorkeling, diving, foto underwater, bermain pasir, bahkan berjemur di Pantainya.

      Karena pulau ini terkenal dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, sangat cocok digunakan sebagai destinasi menyelam menyaksikan berbagai macam biota laut dengan berbagai bentuk, warna dan karateristik yang beragam. Tips saat berkunjung ke Pulau Siladen adalah saat Bulan Juli dan Agustus. Dan waktu yang tepat digunakan saat menyelam adalah bulan Agustus dan September. Dan selalu menjaga kebersihan dan keindahan sekitar Pulau siladen dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak ekosistem yang sudah ada. Jika Anda dan keluarga ingin menghabiskan waktu selama beberapa hari disini, Pulau siladen memiliki resort dan homestay yang populer, diantaranya adalah

Komentar