Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

      Pulau Manado Tua, Pulau ini bagian dari Kecamatan Bunaken yang berlokasi di Kota Manado, Sulawesi Utara. Pulau dengan luas 1.056,02 meter persegi ini memiliki garis pantai sepanjang 12.280 meter. Letak dari taman laut ini tak jauh dari Kota Manado, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan perahu motor. Pulau Manado Tua bersama dengan Pulau Bunaken, siladen, Mantehage, dan Nani merupakan gugusan pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken-Manado. Dengan panorama bawah laut spektakuler dan menajubkan tak heran jika Pulau ini pernah menjadi tuan rumah World Ocean Conference yang pertama pada tahun 2009. Taman Laut Manado Tua juga ditetapkan sebagai salah satu tempat menyelam paling spektakuler di dunia pada 2009. Pulau Manado Tua ditumbuhi pepohonan hijau, rindang dan sejuk sehingga Pulau Manado Tua ini berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Taman Nasional Bunaken-Manado. Datarannya yang berada di dalam air dengan kemiringan 5 meter hingga 30 meter ini dibelah oleh sebuah dinding karang dengan kedalaman 25 hingga 50 meter ke dasar laut dan sebuah gua besar. Semua itu yang membuat Taman laut ini benar-benar menajubkan.

      Pulau Manado Tua ini memliki taman laut spektakuler yang sempurna dengan biota lautnya yang melimpah. Tak hanya itu Pulau Manado Tua juga memiliki sejarah berkaitan keberadaan suku Bowontehu. Dulunya Pulau Manado Tua ini dihuni oleh masyarakat suku Bowontehu, pulau tersebut dikenal sebagai Manarow dan merupakan orang-orang dari Etnis Sangir Tua. Pulau Manado Tua merupakan pulau berpenduduk dengan 3.200 jiwa penduduka yang rata-rata bermatapencaharian sebagai petani dan nelayan. Dengan bantuan pemerintah setempat, masyarakat manado tua ini telah aktif melestarikan terumbu karang yang rusak, sungguh kegiatan yang membanggakan. Terumbu-terumbu karang tersebut biasa digunakan oleh ikan-ikan kecil sebagai tempat berlindungnya dari predator. Pulau Manado Tua memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya baik di darat maupun keindahan di dalam lautnya. Namun hanya penyelam profesional dan berpengalaman yang diizinkan menyelam di perairan ini karena arus di perairan Manado Tua terkadang cukup kuat. Jika beruntung saat menyelam, anda akan menemui beberapa ikan besar diantaranya napoleon wrasse, giant trevally, eaglerays, snappers, dan groupers. Bagi anda yang belum ahli dalam menyelam, anda dapat menikmati keindahan biota laut di Pulau Manado Tua dengan snorkeling dan menyaksikan kehidupan bawah laut yang dihiasi berbagai jenis biota laut, cara ini dapat anda lakukan dengan menggunakan kapal selam berkaca. Fasilitas serta aktivitas lain yang dapat anda lakukan disini adalah jogging, menyewa sepeda gunung, berkemah, foto under water, boat sailing (berperahu layar), dan juga jet ski.

      Banyak sekali potensi-potensi yang ada di Pulau Manado Tua, tidak hanya potensi lautnya berupa biota laut yang beragam, pulau ini juga memiliki potensi lain berupa hutan lindung, Kubur Raja Mokodokettk, Raja Kokodompis, Raja Wulangkalangi, Pantai Raja (Apeng Datu), Pantai Istana Wakil Raja (Apeng Gugu), Pantai Apeng Salah, Batu Layar (Batu Senggo), Batu Kadera, Batu tempat istirahat (Pangilolong), dan Bua alo yang sekarang menjadi Ibu Kota Kelurahan Manado Tua Dua yakni Bualo. Waktu-waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Manado Tua adalah saat Bulan Juli dan Agustus, waktu menyelam terbaik saat bulan Agustus dan September. Jangan kawatir untuk anda yang belum bisa menyelam, anda bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati kecantikan alam bawah laut Pulau Manado Tua. Hal yang tidak boleh dilupakan saat berwisata disini dan dimana saja adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga ekosistem dengan tidak merusak atau mengganggu ekosistem yang sudah ada dan terawat dengan baik. Untuk anda yang ingin menginap selama beberapa hari disini anda dapat menginap di rumah penduduk. Karena di Pulau Manado Tua hanya terdapat rumah penduduk, tak heran jika banyak penduduk yang menjadikan rumahnya sebagai penginapan atau homestay. Jika ingin mneginap di resort terbaik, Anda dapat menginap di pulau-pulau sekitar Manado Tua seperti Bunaken dan Siladen.

  • 04 November 2016

artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com ya, terima kasih

Komentar