Panorama Leksula

Panorama Leksula

      Panorama Leksula, berlokasi di Kecamatan Leksula Kabupaten Bulu Selatan Provinsi Maluku. Untuk menuju ke panorama leksula ini membutuhkan waktu selama +- 4 jam perjalanan jika di tempuh dari Kota Ambon dnegan menggunakan Kapal Cepat dari pelabuhan Slamet Riyadi Ambon. Jika Anda baru pertama kali mengunjungi tempat ini, maka dapat di pastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan dan selalu di kenang. Saat Anda telah memasuki kawasan pelabuhan Kota Kecamatan Leksula disana Anda akan dibuat terkagum-kagum oleh keindahan yang disajikan oleh Panorama Leksula. Panorama seperti ini mirip seperti panorama di Phuket, Thailand.

      Tidaknya hanya keindahan di kota Kecamatan Leksula yang harus di acungi jempol, namun ada juga pemandangan yang tidak kalah indah di desa – desa terpencil atau pedalaman yaitu Desa Tifu dan desa – desa lain nya. Untuk mencapai ke Desa Tifu, Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan Perahu yang sudah menggunakan mesin Speed Boat, dimana dalam bahasa Maluku dapat kita sebut dnegan Katinting. Perjalanan dari Leksula menuju ke Desa Tifu sendiri memerlukan waktu sekitar +- 30 menit. Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dengan panorama yang menyejukkan mata selama perjalanan dari Leksula ke Desa Tifu. Cerita – cerita menarik yang akan Anda dapatkan di sana adalah konon dahulu ada Burung Garuda yang mengangkat kapal bahtera atau kapal besar beserta penumpang – penumpang di dalamnya ke atas bukit berbatu tepatnya di atas Desa Tifu.

      Dan menurut cerita dari masyarakat setempat di Buru Selatan Anda dapat melihat rangka kapal beserta burung garuda tersebut jika Anda mengunjungi bukit berbatu yang dapat Anda saksikan dari Desa Tifu. Selain cerita Burung Garuda tersebut, terdapat cerita menarik lainnya seperti cerita tentang sebuah tempat wisata yang terdapat di Desa Mepa Kecamatan Leksula yang bernama “aer babunyi” dimana artinya sendiri adalah air yang berbunyi atau air yang bersuara. Konon air berbunyi ini seolah – olah bersuara. Untuk sampai ke Aer Babunyi ini Anda memerlukan waktu sekitar +- 10 menit dari Desa Leksula. Desa Tifu merupakan desan yang sangat cantik dan indah, karena ada kaitannya dengan burung garuda tersebut, desa ini di sebut juga dengan desa wisata sejarah.

      Jika anda sampai di desa ini Anda akan di buat terpesona karena keindahan alam nya. Anda akan seolah – olah berada dalam lukisan yang hidup. Sebuah lukisan dimana anda terdapat di dalamnya. Sekilas saat Anda memasuki Desa Tifu, desa ini terlihat seperti danau. Desa ini juga digunakan sebagai desa persinggahan bagi para masyarakat yang akan pergi ke Kota Kecamatan Leksula. Setiap hari Rabu dan hari Sabtu disana di gelar sebagai Hari Pasar, dimana saat hari pasar tersebut para masyarakat datang ke pasar untuk menjual hasil kebun nya atau hanya sekedar mencari kebutuhan untuk hidup sehari – hari. Anda akan di kejutkan oleh alat transportasi yang di gunakan untuk turun ke Desa Tifu ke Leksula dengan menggunakan perahu, disini masyarakat menggunakan truk tronton. Namun disana kita dapat berseru – seruan dengan masyarakat.

Komentar