Sungai dan Air Terjun Citumang

Sungai dan Air Terjun Citumang

      Wisata sungai dan air terjun Citumang, objek wisata yang memiliki daya tarik khusus ini berlokasi di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Wisata sungai dan air terjun citumang ini memiliki keindahan alam yang sangat alami. Airnya yang hijau kebiruan serta jejeran pepohonan sangat melegakan mata Anda saat mengunjungi objek wisata alam ini. Anda dapat menempuh tempat wisata ini dari arah Pangandaran ke arah barat dengan jarak kurang lebih 15 kilometer dan sekitar 4 kilometer dari jalan raya Pangandaran-Cijulang. Jarak seluruhnya wisata Citumang dari Ciamis ini sekitar kurang lebih 95 kilometer. Transportasi satu-satunya yang dapat Anda temukan dan gunakan disini adalah ojek atau sepeda, dengan ojek dan sepeda tersebut Anda hanya harus mengikuti petunjuk arah ke Wisata Citumang. Selain itu Anda dan keluarga juga dapat menggunakan mobil pribadi atau sewaan untuk sampai ke tempat yang indah ini dengan rute melalui pasar lokal Cibenda lewat Panyingkiran melalui jalan sempit dan sawah hijau sampai Anda menemukan tempat parkir. Dari sana Anda harus berjalan kaki sekiatar 25 menit untuk menuju sungai Citumang. Saat tiba di sungai dan air terjun Citumang, pengalaman tak terlupakan Anda akan segera dimulai.

      Disini petualangan menyenangkan dapat Anda lakukan. Anda dapat berjalan di antara tebing yang sangat tinggi, melewati tebing yang tinggi ini anda akan dimanjakan oleh keindahan sungai yang sangat menajubkan, suara gemuruh aliran air sungai nan merdu juga akan terdengar ketika melewati tebing ini. Tidak hanya sungainya yang memiliki air kebiruan, di Citumang anda juga dapat menemukan sebuah air terjun yang dikelilingi oleh pohon dengan akarnya yang menjuntai. And akan menemukan air terjun ini setelah anda berjalan lebih ke hulu. Objek wisata sungai dan air terjun citumang ini cocok dimasukkan kedalam daftar referensi liburan untuk Anda yang suka dengan petualangan seru dan penuh tantangan. Air di citumang yang jernih bersih dan masih alami membuat petualangan alam anda disini akan berbeda dengan petualangan lainnya. Tidak hanya petualangan air saja, disini anda juga dapat berpetualang dengan menerobos goa-goa karang dan akar pohon yang besar hingga adanya bebatuan yang unik sampai ke air terjun yang terdapat goa di dalamnya.

      Hal lain yang dapat anda lakukan untuk wisata anda disini adalah berenang di airnya yang segar dan bersih serta panjat tebing. Sungai citumang ini sangat menawarkan nilai-nilai tentang alamnya, pentingnya menjaga lingkungan, dan mengajarkan dimana waktu yang berkualitas tidak hanya dengan satu sama lain tetapi juga berbaur dengan lingkungan, dan tentunya kita harus tetap menjaga dengan tidak merusak ekosistem yang telah ada disana. Hal menarik lainnya yang membuat ciri khas dari citumang ini adalah Ketika Anda berjalan lebih jauh mengikuti aliran air, Anda akan menemukan sebuah keajaiban alam yang langka. Air sungai masuk kedalam tanah dan muncul kembali di hilir sungai seperti sistem ledeng. Tempat ini terletak di ujung gua yang disebut gua Taringgul, dan aliran sungai di bawah tanah ini disebut

Komentar