Situ Patenggang

Situ Patenggang

      Situ Patenggang, atau disebut dengan Danau Patenggang ini berlokasi di bagian selatan Kota Bandung di Ciwidey. Situ Patenggang atau Situ Patengan ini merupakan danau yang letaknya di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat. Danau nan hijau dan segar ini dapat Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda bersama keluarga dan anak-anak. Dengan pemandangan serta keindahannya yang sangat eksotis, Situ Patenggang ini di buru oleh wisatawan sebagai tempat berekreasi dan bersantai menjauhi keramaian kota bersama keluarga. Dengan luas sekitar kurang lebih 45.000 hektar dan terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, Situ Patenggang memiliki pemandangan yang luar biasa dengan hamparan perkebunan teh disekitarnya.

      Biasanya Situ Patenggang ini menjadi tujuan kedua para wisatawan setelah mereka mengunjungi Kawah Putih. Danau yang luas cagar alamnya mencapai sekitar 123.077,15 hektar ini memang memiliki udara nan segar dan pemandangan yang menjadikan Anda bersama keluarga betah berlama-lama di tempat ini. Dengan hanya membayar sekitar Rp. 18.000 per orang Anda sudah dapat menikmati syurga dunia yang terdapat di Situ Patenggang ini. Adapun fasilitas yang disediakan seperti toilet, mushola, gazebo yang dapat d gunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang ada, tempat penginapan, serta area parkir yang luas. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan untuk menuju ketempat ini dengan jalur Jalan Kopo - Soreang - Ciwidey - Situ Patenggang, atau dengan menggunakan kendaraan umum berupa bis dari terminal Leuwipanjang ke terminal ciwidey, lalu berganti ke angkutan desa menuju Situ Patenggang.

      Sejarah singkatnya, nama Situ Patenggang, Situ sendiri berarti danau dalam bahasa Sunda. Anda akan menemukan keindahan yang masih sangat alami saat dalam perjalanan menuju Situ Patenggang. Warna hijau yang sangat dominan karena banyaknya pohon-pohon rindang di sisi jalan hamparan kebun teh. Akan menyenangkan dengan suguhan pemandangan yang sangat menyegarkan dengan udara yang bersih dan jauh dari polusi, walaupun dengan jalan yang berkelok-kelok. Daya tarik lain dari perjalanan Anda disini adalah suguhan perkebunan Strawberry di sepanjang jalan menuju Situ Patenggang. Situ Patenggang sendiri adalah danau yang luas dengan air yang tenang, pegunungan yang menjulang mengelilingi danau tersebut. Perahu dengan warna-warna yang cantik akan Anda temukan di tepi Danau Patenggang.

      Perahu-perahu ini dapat Anda sewa dengan tarif Rp. 15.000 dan membawa anda untuk mengelilingi danau tersebut. Tidak hanya perahu saja, Anda juga dapat menyewa sepeda air yang ada disana untuk berkeliling danau. Di Situ Patenggang terdapat sebuah tempat yang terkenal dengan sejarahnya yaitu Pulau Asmara dan Batu Cinta. Batu Besar yang terdapat di tengah danau adalah penanda Batu Cinta tersebut. Batu Cinta ini bermula dari kisah cinta sepasang kekasih yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terpisah dan akhirnya bertemu kembali di tempat ini. Masyarakat setempat percaya bahwa air yang mengisi danau ini adalah air mata dari Ki Santang dan Dewi Rengganis, itu sebabnya sebagian orang menyebut danau ini Situ Penganten.

      Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Situ Patenggang menyempatkan diri untuk mengunjungi Batu Cinta. Batu Cinta di percaya, bagi siapapun yang singgah bersama pasangan ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, maka hubungannya akan awet dan langgeng. Situ Patenggang adalah objek wisata yang dapat anda kunjungi untuk mendapatkan ketenangan alam dan juga cerita menariknya.

Komentar