Pulau Lucipara

Pulau Lucipara

      Pulau Lucipara, pulau ini berlokasi di antara Pulau Ambon dan Kepulauan Banda. Pulau ini berjarak sekitar +- 200 km arah selatan dari Pelabuhan Ambon, luas membentang tak bertepi yang berada di tengah hamparan Laut Banda. Dengan menggunakan kapal berkecepatan 20 knots, Anda dapat sampai di Pulau Lucipara dengan waktu sekitar +- 4 sampai 5 jam perjalanan jikan Anda tempuh dari Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon. Pulau ini juga dapat Anda tempuh dengan menggunkan motor tempel milik nelayan setempat dan ketika cuaca sedang bersahabat dapat di tempuh selama 6 sampai 8 jam perjalanan. Pulau yang juga disebut-sebut sebagai Pulau Tujuh ini merupakan kawasan pulau dengan tujuh pulau kecil.

      Dimana dari ketujuh pulau ini, empat pulau berdekatan dan beberapa diberi nama oleh nelayan dengan nama Laponda dan Maisel. Sedangkan tiga pulau yang lainnya berjarak sekitar +- 20km dari keempat pulau tadi, dan para nelayan menyebutnya dengan Pulau Penyu karena pulau-pulau tersebut dihuni oleh penyu hijau dan menjadi sarang mereka. Biaya yang mahal untuk menyewa kapal maupun motor tempel karena memang jalur pelayaran resmi ke Pulau Lucipara belum ada. Sehingga mereka pun belum ada patokan tarif untuk menuju kesana. Jadi wisatawan disini harus menyewa kapal atau motor tempel untuk mengunjungi tempat yang mempesona itu.

      Walaupun biayanya mahal, banyak wisatawan yang mengaku bahwa biaya mahal itu sebanding keindahan alam Pulau Lucipara yang diberikan. Bahkan Anda harus mengeluarkan uang hingga jutaan untuk menikmati keindahan alam Pulau Lucipara. Sayangnya di pulau ini belum terdapat dermaga, jadi untuk para wisatawan Anda harus turun dari kapal dan menuju pulau dengan menggunakan perahu karet. Sebab itu kapal harus berlabuh beberapa meter dari pulau tersebut, disini Anda dapat meyelam dan menikmati karang-karang yang indah dan cantik disana. Beberapa wisatawan yang berkunjung mengaku takjub dengan keindahan yang diberikan pulau tujuh ini, mereka bahkan menilai, pantai kondang di Bali akan terasa suram jika dibanding dengan keindahan yang ditawarkan Pulau ini.

      Dari tujuh pulau yang ada, keempat pulau berpasir putih dan akan memantulkan cahaya jika terkena sinar matahari. Sempurna. Yang membuat Anda akan terbelalak lagi adalah pantainya yang rata dari tengah pulaunya, kemudian menurun membentuk tebing-tebing seperti jurang dan terjal ke dalam bibir pantai. Sekilas Anda akan melihat terumbu karang warna-warni pada tebing yang menurun tersebut. Namun ada daerah yang menakutkan disini, terdapat kolam raksasa yang sangat gelap karena saking dalamnya kolam raksasa tersebut. Namun tak kalah menjubkan Anda akan melihat banyak barisan pohon kelapa yang tidaka terlalau tinggi dan sarat buah, lautan pasir putih luas yang membentang hingga ketengah pulau, tampak seklai bahwa pasir itu terbuat dari pecahan koral yang sangat lama. Terdapat juga vegetasi pohon yang lebat, seperti cemara laut dan juga pandan laut, dan sebagainya. Keindahan seperti ini akan Anda dapatkan setelah melewati rataan karang dan berada di tengah pulau.

Komentar