Pulau Pombo

Pulau Pombo

      Pulau Pombo, pulau ini berlokasi di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, secara geografis pulau ini berada di antara Pulau Haruku dan juga Pulau Ambon. Untuk menuju ke Pulau Pombo Anda membutuhkan waktu sekitar +- 20 menit jika Anda tempuh dari Kota Ambon. Selain dari Kota Ambon Anda juga bisa menempuh Pulau Pombo ini dari Tulehu dan kemudian Anda dapat menyewa speedboat dengan tarif sebesar Rp500.000. yang membuat pulau ini menarik adalah, Anda dapat melihat pulau ini dari kejauhan seolah-olah pulau ini mengambang di atas air dengan hamparan pasir putih yang mengelilinginya.

      Pulau yang disebut sebut sebagai surga tersembunyi ini memiliki gradasi warna hijau kebiru-biruan yang menambah Pulau Pombo semakin terlihat mempesona dan eksotis, tak heran jika Anda akan betah berlama-lama bersantai di Pulau Pombo ini. Luas Pulau Pombo sendiri hanya 4 km2, yang terbilang kecil untuk ukuran Pulau sebagai tempat berwisata. Namun, meskipun ukuran Pulau Pombo ini kecil, bukan berarti Pulau ini tidak dapat digunakan, banyak wisatawan yang datang ke Pulau tak berpenghuni ini hanya sekedar untuk melepas penat dan mengisolasi diri, karena situasi di pulau ini yang di sekitarnya hanya terbentang lautan luas yang lepas. Pulau tak berpenghuni yang jaraknya dekat dengan Pulau Ambon ini menjadikannya mudah untuk para wisatawan menjangkaunya dengan menggunakan kapal. Pulau nan indah eksotis ini sangat disayangkan karena belum ada papan penunjuk dan fasilitas lain yang mendukung para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Pombo ini karena disamping pulau ini belum tersentuh oleh tangan manusia yang merusak, pemerintah sekitar juga belum melakukan pembangun terhadap Pulau Pombo ini. Jika Anda berhasil mengunjungi ke pulau ini Anda dapat menikmati burung-burung Pombo yang hanya hidup dan akan Anda temukan di Kepulauan Maluku saja, jadi saat Anda rela terdampar di Pulau Pombo tidak ada salahnya jika Anda menyaksikan aneka burung Pombo yang ada diseberang laut.

      Jangan lupa untuk mengabadikan moment tersebut saat Anda berkunjung ke Pulau Pombo. Jika Anda sedang beruntung, Anda dapat melihat aneka burung khas Pulau Pombo berterbangan dan bulu-bulu mereka yang rontok saat air laut di Pulau Pombo sedang surut. Jangan salah, keindahan Pulau ini tetap sangat menajubkan bahkan saat air laut nya sedang surut. Anda dapat melihat daratan baru yang awalnya adalah merupakan air laut yang dangkal, dan perlahan akan berubah menjadi pasir-pasir dan membentuk daratan-daratan baru dengan pasir putihnya. Untuk moment tersebut, Anda sangat disarankan untuk memakai alas kaki karena banyaknya karang-karang tajam yang dapat melukai kaki Anda. Sangat dipastikan jika Anda mengunjungi pulau ini, Anda juga akan terkesan dengan pemandangan bawah lautnya, banyaknya spesies ikan, kerang, dan rumput laut di bawah laut Pulau Pombo membuat Anda akan berenang dan melihat keindahan bawah laut nya yang bening itu. Jadi Anda akan mempunyai banyak moment indah saat berkunjung ke pulau ini. Biota laut dan kekayaan laut yang ada di Pulau pombo akan membuat Anda takjub. Tidak mengherankan jika pulau ini katanya menjadi salah satu tempat tujuan untuk diving dan snorkling baru yang ada di wilayah Maluku.

Komentar