Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

      Pantai Pelabuhan Ratu, pantai nan indah ini berlokasi di pesisir Samudra Hindia, terletak sekitar 60 km ke arah selatan Kota Sukabumi. Karena terkenal dengan ombaknya yang sangat kuat dan besar, pantai ini sangat berbahaya untuk para wisatawan yang hoby berenang di pantai. Jadi ketika Anda berkunjung kepantai ini hendaknya Anda menghindari aktivitas berenang dan bersenang-senang dengan aktivitas lainnya. Salah satu destinasi menarik yang wajib Anda kunjungidi Sukabumi adalah Pantai Pelabuhan Ratu ini, selain tebing karang yang terjal, ombak lautnya yang besar, pantai ini memiliki panorama pantai yang memikat hati. Jaraknya dari dari Bandung berjarak sekitar 153 kilometer, sedangkan dari Jakarta jaraknya mencapai 137 kilometer dan memakan waktu 3-4 jam perjalanan.

      Keunikan lain dari Pantai Pelabuhan Ratu ini adalah pantai ini merupakan perbaduan apik antara pantai yang curam dengan batu-batu karang nya yang terjal, hempasan ombak, dan juga sebagai cagar alam. Karena pesona nya Presiden Soekarno tertarik dan mendirikan tempat peristirahatan di Tanjo Resmi. Karena keindahan nya dan juga ombak nya yang tak biasa ini, tah heran masyarakat sekitar dan juga para wisatawan menyebutkan bahwa Pantai Pelabuhan Ratu sebagai Bali-nya Kota Sukabumi. Karena ombak nya yang besar ini, banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri berkunjung ke pantai ini dan berselancar. Pantai yang di akui dan dipercaya masyarakat sebagai hunian Nyai Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan ini juga terkenal sebagai tempat bertelur dan berkembangbiaknya para penyu yang terancam kepunahannya. Namun masih banyak masyarakat sekitar yang menangkap penyu-penyu ini untuk dimakan dan sementara kerangkanya dijadikan sebagai pernak pernik atau cinderamata untuk dijual kepada para wisatawan.

      Walaupun di anjurkan untuk tidak berenang, masih banyak aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di Pantai ini diantaraya bersantai dengan keluarga menikmati matahari tenggelam dengan pemandangan alam sekitar pantai pelabuhan ratu yang sangat menakjubkan. Anda juga dapat belajar berselancar dengan orang-orang yang sudah profesional, berkunjung ke kamar Nyai Roro Kidul di Samudra Beach Hotel dengan kamar nomor 308, atau Anda dapat juga berkunjung ke Cipanas, jaraknya kurang lebih 9 kilometer jika ditempuh dari Pelabuhan Ratu.

Komentar