Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

      Selain wisata Gunung Rinjani yang terkenal di Taman Nasional Gunung Rinjani juga memiliki tempat wisata lain yang juga cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini terletak di Desa Senaru. Yang merupakan gerbang untuk para pendaki yang ingin menuju Puncak Rinjani. Untuk dapat ke Air Terjun Sendang Gile ini anda harusa memalui sekitar 200 anak tangga yang tingginya mencapai 400 meter, dan sebuah jembatan berlubang yang melewati sebuah lembah dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Anda juga dapat melewati jalan alternative yaitu dengan menyusuri pinggir lembah yang lumayan curang serta mengikuti saluran irigasi dan melewai jembatan yang terbuat dari rotan.

      Air Terjun Sendang Gile ini juga sering disebut Batu Ko’ (batu kerbau) oleh penduduk setempat. Konon katanya air terjun ini adalah tempat mandi bidadari yang turun ke bumi. Ada juga yang mengatakan bahwa nama Air Terjun ini berasal dari seseorang yang tidak sengaja menemukan air terjun ini saat dia sedang memburu singan gila yang masuk ke hutan setelah mengacaukan kampung. Para penduduk setempat memangil singa tersebut dengan sebutan sengang gile. Namun semakin bertambahnya waktu pengucapan sengang gile berubah menjadi sendang gile. Air terjun ini berasal dari sumber mata air yang terdapat di kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini sangat bersih dan alami. Air terjun ini memiliki tinggi 31 meter dan berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini memiliki dua tingkatan, tingkat pertama muncul dari atas tebing menuju ke bawah.

      Air terjun ini akan terus mengalir ke bawah dan membentuk air terjun tingat kedua jatuh dan membuat sungai yang mengalir di bawahnya. Dasar dari air terjun ini relative datar sehingga banyak wisatawan atau pengunjung yang mandi ke di bawah air terjun ini. Ada satu hal yang menarik dari air terjun sendang gile ini. Menurut masayarakat setempat, apabila ada pengunjung yang datang ke air terjun ini dan membasuh mukanya maka akan membuat orang itu menjadi satu tahun lebih muda dari usia mereka. Di tempat wisata Air Terjun ini hanya memiliki satu buah toilet, satu tempat yang digunakan untuk mengganti baju/pakaian serta rumah dengan panggung kecil yang dapat digunakn untuk berteduh, penduduk setempat sering menyebut tempat ini dengan nama berugak. Untuk menuju Desa Senaru anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari ibu kota Mataram dengan jarak sekitar 60 km. Anda dapat menyewa mobil/ motor pada rental-rental yang terletak dipusat kota mataram dan cakranegara.

      Untuk masuk ke dalam anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000,- per orang. Di tempat wisata ini juga sudah terdapat penginapan-penginapan sederhana. Tetapi di tempat ini tidak banyak fasilitas yang tersedia. Warung makan dan minuman masih sangat jarang ditemukan di tempat ini. Sebaiknya anda membawa sendiri atau membeli makanan dan minuman di toko-toko kecil yang dekat dengan pintu masuk.

  • 02 August 2016

Gambarnya mana?

Komentar