Tanjung Marthafons

Tanjung Marthafons

      Tanjung Marthafons, berlokasi di seberang Kota Ambon. Jika Anda ingin berkunjung ke Marthafons ini Anda dapat menggunakan jasa kapal feri dan juga sampan-sampan yang telah disediakan. Tanjung Marthafons yang memiliki daya tarik yang memikat bagi para pengunjungnya ini memiliki pantai dengan pasir putihnya yang indah. Tidak hanya itu, di Tanjung Marthafons di batasi dengan tepian seperti pembatas pantai dengan tinggi kurang lebih satu meter yang dibuat dari tembok. Tujuan dari pembuatan tembok tepian ini agar wisatawan baik orang Ambon sendiri dapat menikmati teluk yang tenang dari atas tembok tersebut . Karena keindahan pantai, ketenangan dan kenyaman yang di dapat saat berada di Tanjung Marthafons ini, tak heran jika saat hari libur datang, khususnya Sabtu malam, Tanjung Marthafons selalu dipadati oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun non lokal.

      Salah seorang petugas di Tanjung Marthafons juga mengakui bahwa Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Ada adat khus yang selalu di gelar di Tanjung Marthafons ini, seperti lomba sampan tradisional. Diadakannya pergelaran lomba seperti ini adalah tujuan dari Dinas Pariwisata Kota Ambon untuk menarik hati para wisatawan agar berkunjung ke Tanjung Marthafons . Hal ini berhasil menarik hati pengunjung untuk berwisata di Tanjung Marthafons karena pada saat acara lomba digelar banyak artis-artis Kota Ambon yang berasal dari Jakarta datang dan ikut memeriahkan acara tersebut . Sehingga pemerintah sendiri menetapkan Tanjung Marthafons sebagai lokasi digelarnya acara pertunjukan rutin tahunan lomba sampan tradisional. Selain lomba sampan tradisional, Kegiatan lain di Tanjung Marthafons juga tidak kalah menarik, seperti penyelaman sampah di kawasan teluk.

      Berdekatan dengan Tanjung yang bisa juga disebut dengan Tanjung Martha Alfons ini terdapat sebuah Pintu Kota. Jika Anda belum pernah berkunjung kesini, Anda pasti mengira bahwa pintu kota adalah sebuah pintu menuju ke Kota Ambon, tetapi tidak demikian. Pintu Kota sendiri adalah sebuah lubang persegi empat. Dari lubang persegi empat itulah wisatawan dapat menikmati suasana Kota Ambon di malam hari yang disinari oleh lampu kota, tidak hanya itu dari lubang persegi empat itu pula Anda dapat mengamati hilir mudik kapal yang sedang berlalu lalang memasuki Kota Ambon. Lokasi dari Pintu Kota ini adalah di kaki sebuah perbukitan, setiap liburan datang banyak wisatawan yang berkunjung ke pintu Kota untuk berlibur bersama keluarga.

      Selain keunikan dari Pintu Kota ini, keindahan sekitar Pintu Kota juga menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut. Area yang cukup luas, tempat duduk untuk peristirahatannya yang dibangun di atas perbukitan menambah pesona dalam Pintu Kota di Kota Ambon. Untuk menuju ke Pintu Kota, dapat menggunakan kendaraan umum dari pusat kota. Jalan untuk menuju ke Pintu Kota ini berkelok-kelok, jadi Anda harus berhati-hati jika ingin berkunjung kesini. Namun, saat telah sampai di perbukitan mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangannya yang sangat indah, asri dan masih alami itu. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pintu Kota adalah pada saat malam hari, disana Anda dapat menikmati indahnya suasana Kota Ambon pada malam hari yang menajubkan jika di lihat dari perbukitan Pintu Kota.

Komentar