Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan

      Sebuah surge tropis yang terdapat di Kalimantan Timur dan memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan adalah Kepulauan Derawan. Pasir pantai yang sangat putih dan halus, serta pohon kelapa yang melambai-lambai di pinggir pantai tentu memberikan kesan tersendiri bagi anda yang berkunjung ke pulau ini. Pemandangan bawah laut pulau ini juga sangat menakjubkan, mulai dari terumbu karang serta biota-biota laut yang hidup di laut sekitar Pulau Derawan ini. Banyak hewan-hewan laut unik yang tinggal di sekitar Puleu Derawan ini dari kura-kura raksasa, ikan pari manta, lumba-lumba, barakuda, ubur-ubur stingless, dan ikan duyung. Perairan yang terdapat disekitar Pulau Derawan juga merupakan tempat tinggal para penyu raksasa, saat anda duduk di sekitar dermaga anda dapat menyaksikan penyu yang berenang bebas sedang mencari makan.

      Di pulau Kakaban juga terdapat spot Coral Garden yang membentuk dinding yang sangat indah. Derawan juga di kenal dengan Wisata Menyelam Terbaik Di Dunia. Disekitar Pulau Derawan juga terdapat pulau-pulau lain yang terkenal diantaranya Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Jika anda menyelam di sini anda akan menemukan sekitar 460 jenis karang. Dan di Pulau Derawan ini juga terdapat lebih dari 870 jenis ikan mulai dari yang kecil hingga yang besar. Dan jika anda pergi ke Pulau Kakaban, anda akan bisa menemukan danau ubur-ubur terbesar.

      Di danau ubur-ubur ini terdapat ubur-ubur stingless yang dapat berenang terbalik. Hal inilah yang membuat Pulau Kakaban dipertimbangkan untuk menjadi nominasi pada situs warisan UNESCO. Di Kepulauan Derawan ini memiliki beberapa spesies yang unik dan dilindungi, seperti kepiting kelapa, lumba-lumba, ikan paus, dll. Untuk melihat kepiting kelapa yang unik ini anda bisa menyelam di sekitar Pulau Kakaban dan Maratua, dan untuk melihat paus dan lumba-lumba anda dapat melihat di sekitar semama, Kakaban, Sangalaki, dan Maratua pada bulan-bulan tertentu.Terdapat 28 titik penyelaman yang terdapat di Pulau Derawan ini. Untuk menjelajahi semua titik penyelaman tersebut dibutuhkan waktu sekitar 10 hari. Untuk menginap di Pulau Derawan sudah terdapat banyak resort yang menyediakan fasilitas transportasi serta peralatan untuk menyelam.

      Di resort tersebut juga terdapat bungalow yang bergaya rumah Kalimantan dan menghadap ke laut yang indah. Anda juga dapat menyewa kapal yang sudah didesain dengan tempat tinggal, sehingga anda dapat tinggal di atas kapal. Untuk menuju ke Pulau Derawan ini anda bisa menggunakan penerbangan menuju Balikpapan, dari Balikpapan anda melanjutkan penerbangan ke Berau. Anda juga bisa menggunakan jalur darat, namun akan memakan waktu yang lama. Setelah anda sampai di Berau anda bisa menyebrang ke Pulau Derawan menggunakan kapal maupun Speed boat. Selain dari Balikpapan, anda juga bisa menggunakan penerbangan menuju Tarakan, setelah dari Tarakan anda melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan menggunakan kapal. Perjalanan menggunakan kapal ini akan memakan waktu 3-5 jam.

Komentar