Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

      Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Biru Sibolangit memiliki ketinggian air terjun sekitar 75 meter dan berada di ketinggian 1475 m dpl. Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam. Air terjun yang satu berwarna biru indah dengan air nya yg sangat dingin, dengan tebing-tebing berlumut hijau di sekitarnya, air terjun satunya lagi berwarna putih bening dan terasa hangat. Kedua air terjun ini dekat dengan beberapa air terjun kecil penghias tebing. Air terjun telaga dua warna kemungkinan disebabkan air yang terjun dari ketinggian sekitar 100 meter dari permukaan tanah awalnya berwarna putih namun setelah jatuh ke telaga berubah menjadi biru. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab mengapa air terjun itu berubah menjadi biru. Sedangkan orang yang dianggap pertama sekali menemukan keajaibannya itu juga sampai sekarang belum diketahui. Namun air terjun ini sejak dulu sudah sering dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa pencinta alam yang berkemah di sekitar Bumi Perkemahan Sibolangit.

      Tempat wisata ini memang terkesan unik. Sebab air terjun yang turun dari sungai pada bagian atas akan tertampung ke sebuah danau kecil dan disinilah air tersebut memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan. Setelah ditelusuri ternyata air terjun ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang di aliri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang namun air ini tidak boleh di minum karena berbahaya. Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. Air Terjun Dua Warna bisa menjadi pilihan untuk refreshing selama beberapa hari libur ini. Letaknya tidak jauh dari Kota Medan, hanya 1 jam perjalanan saja yaitu dari Bumi Perkemahan Sibolangit, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kab Deli Serdang. Dari lokasi ini akan memulai perjalanan masuk hutan atau hiking selama 3 jam untuk sampai di lokasi air terjun. Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. Pada kawasan ini terdapat 4 air terjun, yakni 2 air terjun utama dan 2 air terjun kecil. Tinggi air terjun utama sekitar 50 meter dan air terjun kedua sekitar 20 meter.

      Ada beberapa barang yang perlu di persiapkan sebelum menuju air terjun ini, terlebih dahulu harus mempersiapkan peralatan hiking seperti sepatu atau sandal gunung, tas ransel untuk membawa perlengkapan baju pengganti, handuk, air minum, bekal makan siang, makanan ringan dan kamera. Ada baiknya jika berangkat dari Medan pada subuh hari sehingga ketika sampai di lokasi air terjun tersebut tidak kesiangan dan masih sempat berenang sambil merasakan dinginnya air terjun dua warna tersebut.

Komentar