Danau Linow

Danau Linow

      Danau Linow, danau ini berlokasi di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon Minahasa Sulawesi Utara. Danau yang berjarak sekitar 3 kilometer menuju arah barat ini mudah ditemukan karena akses menuju danau ini melewati jalan utama yang menghubungkanTomohon dan Kawangkoan di Kabupaten Minahasa. Dari Tomohon ke Kawangkoan sendiri, Danau Linow terletak di sisi kiri jalan.

      Jika Anda ingin berwisata ke danau Linow ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan Anda, dari Kota Manado Anda hanya akan menghabiskan waktu selama kurang lebih 50 menit hingga 1 jam perjalanan. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum, dengan menaiki angkot atau bus dari Kota Manado menuju Tomohon dengan tarif sekitar Rp. 8000 hingga Rp. 10.000, dan kemudian Anda harus turun di terminal Tomohon. Lalu selanjutnya Anda mencari angkot yang menuju ke Danau Linow dengan tarif sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 4000, lalu anda lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 600 meter, sesampainya di Danau Linow Anda akan terpukau dengan danau yang luas dan pepohonan asri yang memukau.

      Danau Linow ini merupakan salah satu danau yang cukup terkenal di Sulawesi Utara selain Danau Tondano. Di sekitar area danau ini Anda akan mencium aroma belerang yang sangat kuat, anda juga akan menemui beberapa tempat pemandian air panas. Sumber belerang dan juga air panas ini berhubungan dengan gunung Lokon yang masih aktif. Karena kadar belerang nya yang cukup tinggi inilah membuat warna danau linow mudah sekali berubah-ubah. Danau ini menampilkan warna hijau, biru, dan kecoklatan. Jika Anda melihat dengan kasat mata warna dari Danau Linow ini tampak hojau toska, biru laut dan juga coklat susu. Bisa jadi perubahan warna dari danau ini karena pengaruh terobosan sinar matahari yang masuk melalui celah-celah awan dan memantul di permukaan danau linow.

      Biaya yang Anda butuhkan untuk masuk ke kawasan Danau Linow adalah Rp. 25.000, harga ini sudah termasuk dengan makanan khas Manado dan minuman gratis yang diberikan. Danau ini dikelola oleh swasta, tak heran dalam kawasan danau linow ini sangat dijaga kebersihan, kelamaian, dan keasrian sekitar danau nya. Sehingga jika anda berkunjung ke danau ini Anda harus tetap selalu menjaga kebersihan dan kehidupan ekosistem yang ada di dalamnya. Waktu yang tepat untuk berwisata di Danau Linow sendiri adalah saat pagi hari atau sore hari. Karena di waktu pagi atau sore hari cuacanya masih sejuk dan matahari belum begitu terik. Anda juga akan dimanjakan dengan adanya cafe yang berada di sisi bukit yang mengitari Danau Linow. Menu yang pas untuk menikmati keindahan Danau Linow yaitu kopi dan pisang goreng yang masih hangat. Anda tidak akan bosan menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di cafe ini dan menikmati pemandangan Danau yang luar biasa.

Komentar