Bukit Doa Tomohon

Bukit Doa Tomohon

      Bukit Doa Tomohon, bukit yang juga disebut dengan Bukit Kelong ini berlokasi di Jalan lingkar timur, Desa Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Bukit ini merupakan salah satu objek wisata alam dan wisata religi di Tomohon. Banyak sekali keindahan alam yang akan memukau Anda setibanya di bukit doa ini. Kesejukan dan kebersihan udara di pegunungan ini membuat Anda akan betah berlama-lama menikmati suasana di Bukit Doa Tomohon ini.

      Bukit Doa Tomohon ini merupakan destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga saat mengunjungi Kota Tomohon. Untuk sampai di objek wisata ini Anda bisa menggunakan kendara pribadi atau kendaraan sewaan dari Kota Manado dengan waktu sekitar 45 menit hingga 60 menit perjalanan, tergantung dari lalu lintasnya. Dengan jalan yang berliku-liku menanjak dan berbelok-belok ditambah dengan ruas jalan yang tidak terlalu lebar, sangat disarankan untuk berhati-hati ketika melewati jalan menuju ke Bukit Doa Tomohon ini. Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke Bukit doa ini. dari pusat Kota Manado anda harus naik angkot jurusan Wanea Samrat untuk menuju ke terminal Karombasan. Setelah sampai di terminal Karombasan, anda bisa mencari Bus jurusan Tomohon. Agar tidak tersesat, bicaralah kepada kondektur bahwa anda hendak menuju ke Bukit Doa Tomohon. Selama perjalanan menuju ke Tomohon, anda akan disajikan oleh pemandangan alam khas pegunungan yang sangat menjubkan, dengan warna dominan yang hijau serta udaranya yang segar yang sulit Anda dapatkan saat berapa di perkotaan. Jalan yang berkelok-kelok selama perjalanan bukanlah halangan, disini Anda akan mendapatkan sensasi yang luar biasa dengan perjalanan Anda.

      Di beberapa titik (salah satunya disamping Rumah Makan Pemandangan), anda bisa melihat panorama Kota Manado dengan latar belakang laut dengan hamparan pulau Bunaken, Manado Tua, dan Siladen. Memasuki jalan lingkar Tomohon, anda akan melihat nuansa hijau khas pegunungan dengan daerah perbukitan yang masih asri. Di samping kiri dan kanan jalan yang menuju Tondano ini, anda bisa melihat hamparan sayuran dan taman bunga milik warga Tomohon. Jalan ini adalah akses untuk menuju objek wisata alam Bukit Doa Tomohon atau yang biasa juga dikenal dengan nama Jalan Salib Mahawu.

      Di Bukit Doa tomohon ini terdapat dua pintu masuk, pintu masuk yang pertama dapat Anda lewati dengan berjalan kaki. Pintu ini juga dipergunakan bagi bagi umat Katolik yang akan mengikuti Jalan Salib, sebuah prosesi untuk mengenang Yesus Kristus. Dapat dipastikan bahwa Anda akan kelelahan saat menanjak menuju ke Bukit Doa Tomohon, namun setibanya di puncak Bukit Doa Tomohon rasa lelah dan capek Anda akan terbayar dengan keindahan alam khas pegunungan yang spektakuler terpampang di depan mata Anda. Sambil duduk di atas rerumputan dan membelakangi perbukitan Mahawu, anda bisa dengan leluasa melihat pemandangan Gunung Lokon yang menjulang tinggi. Hijaunya perkebunan yang ada disana juga akan memanjakan mata setiap pengunjung di Bukit Doa ini. Tidak ada salahnya jika Anda mengabadikan moment disini dengan berfoto di halaman belakang Chapel, Caf Moyaporong atau Kelong Garden. Karena keindahannya yang begitu menajubkan tak heran kalo tempat ini sering digunakan sebagai tempat foto pre-wedding. Tempat ini juga acap kali digunakan untuk tour, outbond, gathering, seminar, dan lain-lain.

Komentar