Bukit Kasih

Bukit Kasih

      Bukit Kasih, sebuah bukit yang indah dan unik ini berlokasi di kaki Gunung soputan, Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa. Pahatan patung kepala Toar dan Lumimu’ut akan terlihat di permukaan cadas di lereng Bukit Kasih Minahasa. Bukit Kasih ini berjarak sekitar 55 kilometer dari Kota Manado. Anda dapat mengunjungi bukit ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan anda.

      Bukit ini merupakan bukit belerang yang masih alami. Ditempat ini perasaan kasih Anda akan digugah. Dan perlu Anda ingat bahwa jalan sepanjang gunung Soputan sangat curam dan berliku, jadi Anda harus berhati-hati dalam berkendara. Bukit yang dibangun pada tahun 2002 ini digunakan sebagai pusat spiritual dimana pemeluk agama yang berbeda dapat berkumpul dan saling berdampingan dalam beribadah. Bukit ini juga dapat menjaga keharmonisan antar umat beragama.

      Di Bukit Kasih ini terdapat 5 tempat atau biasa di sebut sebagai rumah ibadah yaitu gereja Katolik, gereja Kristen, Kuil, Masjid, dan juga Candi Hindu yang dibangun di puncak kedua. Disini Anda akan melihat sebuah salib putri di puncak pertama dengan tinggi salib tersebut 53 meter sehingga Anda juga bisa melihatnya dari pantai Boulevard di Manado. Bukit yang diyakini menjadi tempat asli nenek moyang suku Minahasa ini memliki suasana tentram dan sangat damai. Untuk Anda yang bosan dengan makanan daerah setempat dan makanan kota, disini Anda dapat mencoba dan menikmati menu makanan yang berbeda. Disini adalah tempat untuk anda yang ingin mencoba makan jagung, pisang, dan ubi rebus di kawah bukit. Menyenangkan sekali jika di lakukan dengan keluarga maupun orang-orang terdekat Anda.

      Jika ingin naik hingga kepuncak bukit, Anda harus menaiki tangga yang curam dengan banyak 2435 buah anak tangga. Saat dalam proses pendakian, anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari kawah belerang dimana air panasnya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk memasak jagung, kacang, telur, dan lain-lain. Untuk anda yang ingin berjalan-jalan dari puncak kedua ke puncak pertama, karena tangganya yang curam, disarankan untuk anda memakai sepatu yang nyaman untuk dikenakan. Yang harus diperhatikan juga yaitu untuk Anda yang memiliki masalah dengan jantung, tidak dianjurkan untuk menaiki tangga karena membutuhkan stamina dan tenaga yang kuat. Hal ini juga untuk keselamatan Anda masing-masing.

      Jangan kawatir untuk oleh-oleh Anda dapat menemukan beberapa souvenir cantik yang di jual di sekitar Bukit Kasih ini. Souvenir-souvenir tersebut diantaranya gelang, kalung, dan kerajinan unik lainnya. Yang membuat kerajinan ini unik adalah semua kerajinan ini di buat oleh masyarakat setempat dari tempurung kelapa dan kayu. Ada beberapa penginapan yang dapat Anda gunakan untuk tinggal selama beberapa hari disini. Anda bisa menemukan penginapan tersebut di Tondano atau Tomohon, jaraknya hanya sekitar 30 menit dari Bukit Kasih ini dengan harga penginapan yang bervariasi.

Komentar