Pulau Bunaken

Pulau Bunaken

      Bunaken, sebuah Pulau dengan luas 8.08 kilometer persegi ini berlokasi di Teluk Manado, bagian dari Kota Manado, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Salah satu surga yang terdapat di Indonesia ini disekitarnya terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

      Taman Laut Bunaken juga mempunyai biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Dengan keseluruhan luas mencapai 75.265 hektare, Taman Laut Bunaken memiliki lima pulau yang berada di dalamnya, yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen. Pulau ini dapat anda tempuh dengan menggunakan kapal cepat dari Kota Manado dengan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Dari Jakarta anda dapat memilih Garuda Indonesia yang terbang dua kali sehari, Lion Air sebanyak 3 kali sehari dan Batavia Air dua kali sehari, perjalanan memakan waktu tempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Berangkat dari pelabuhan Manado, Molas, Kalasey, dan Pantai Ria Tasik, Pulau Bunaken sangat mudah dicapai dengan menggunakan kapal motor.

      Salah satu surga bawah laut yang terdapat di Indonesia ini wajib Anda kunjungi saat Anda sedang berada di Manado. Bagaimana tidak, keindahan flora dan fauna yang ada disini sangat eksotis dan memanjakan semua mata para wisatawan yang berkunjung disini. tak heran bahwa Pulau Bunaken sangat terkenal sebagai destinasi wisata favorit di dalam negeri bahkan Pulau ini juga sudah terkenal di Luar Negeri. Sehingga wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam bawah lautnya tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga wisatawan mancanegara. Berenang bersama para penghuni laut yang bervariasi, menikmati kesegaran dan keindahan alam bawah lautnya serta bergerak mengikuti irama ombak, di Taman Laut Bunaken ini Anda akan seolah-olah menjadi seorang Putri Duyung yang sedang menari bersama biota yang ada didalam Taman Laut Bunaken. Menyelam memang cara terbaik jika anda ingin dengan jelas menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken. Disini Anda, Para Putri Duyung dari Kota, dapat melihat beraneka macam kehidupan unik bawah laut yang menajubkan. Dengan biota bawah lautnya dan ikan yang bervariasi akan membuat Anda betah berlama-lama menyelam di Taman Laut Bunaken ini. Terdapat 23 tempat favorit untuk bersnorkeling. Anda tak perlu kawatir untuk kelengkapan alat snorkeling karena disini telah disediakan tempat persewaan alat-alat menyelam dengan tarif Rp. 100.000 per harinya dan cukup siapkan uang sebesar Rp. 25.000 per orang untuk memasuki kawasan ini.

      Di Perairan Laut Bunaken ini terdapat 390 jenis terumbu karang dengan didominasi oleh oleh bebatuan laut yang emmancarkan pesona yang sangat menajubkan. Terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter adalah pemandangan yang paling menarik di Taman Laut Bunaken. 200 lebih spesies ikan yang ada juga dapat membelalakkan mata Anda dan memanjakannya, sungguh indah dan menarik bukan? Ikan-ikan tersebut diantaranya koi putih, lolosi ekor kuning, goropa, nila gasi, ikan kuda gusimi lokal, dan lain-lain, masih banyak lagi ikan lucu dan unik yang dapat Anda temukan dan nikmati disana. Tidak hanya berbagai terumbu karang serta ikan yang lucu-lucu, Anda juga dapat menemukan moluska di Perairan Bunaken ini seperti ikan kepala kambing, kima raksasa, nautilus, tunikates atau askidian. Selain itu pesona dari gua atau terowongan bawah lautnya juga dapat Anda nikmati disini yang mungkin tidak Anda temukan ditempat lain. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk Scuba Diving, jadi untuk Anda yang hobby dengan kegiatan tersebut wajib hukumnya mengunjungi objek wisata nan indah ini. Disini terdapat sekitar 20 titik penyelaman, dimana para penyelam akan mendapat kesempatan berenang di dasar laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan. Berikut adalah tempat-tempat yang mewakili lokasi penyelaman tersebut: - Tembok Lekuan (I, II, III) Merupakan tembok lekuan yang terbagi menjadi 3 dan ketiganya memiliki Taman Laut terbaik dengan diding curam dan celah dalam yang dihuni oleh banyak ikan unik dan lucu. - Mandolin Merupakan taman laut yang memiliki puncak karang dan dinding yang dihuni ribuan ikan seperti gerombolan ikan penembak, surgeonfish, unicornfish, dan bannerfish. - Bunaken Timor Merupakan tempat penyelaman dengan arus yang kuat serta ikan yang banyak.

      Disini Anda juga dapat melihat penyu, hiu, pari, elang, dan ikan-ikan besar. - Tanjung Kopi Merupakan sebuah tembok kecil yang di huni oleh segerombolan ikan barakuda dan banyak ikan sweetlip - Siladen Merupakan titik penyelaman dengan dinding karang halus yang indah yang akan hidup ketika arus datang. Laut dangkalnya terlihat indah dengan ikan-ikan dan schooling snappers. Dan masih banyak lagi titik penyelaman yang mengasikkan untuk dicoba.

      Untuk menikmati semua keindahan tersebut Anda memerlukan tiket masuk ke Laut Bunaken. Tiket dapat Anda dapatkan malalui operator wisata bahari di Manado dan di Taman Nasional Bunaken.Anda juga dapat membeli di salah satu dari tiga counter tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di pulau Bunaken dan Siladen. Untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu beberapa hari disini, Anda dapat memilih penginapan di Pulau Bunaken ini dengan harga sekitar Rp. 40.000 hingga Rp. 50.000 per orang dan per harinya. Alternatif lain adalah anda bisa memilih penginapan atau hotel yang ada di Kota Manado.

  • 14 August 2016

keren

  • 15 August 2016

asas

  • 13 October 2016

  • 14 October 2016

artikelnya menarik sekali

  • 01 June 2017

hhhhhhhh oooool iooooo

Komentar