Danau Talang Kering

Danau Talang Kering

Walau tak seluas dari pematang danau/danau harum bastari,telaga ( bagi masyarakat curup suka di sebut dengan danau talang kering/tlang keing atau danau cermin ),danau ini menjadi tempat bagi yang suka mancing,danau yang terletak simpang empat ( simpang mpek ) di kecamatan Curup Utara,kurang lebih 15 menit dari Kota Curup.

Lokasi wisata Danau Talang Kering, Kecamatan Curup Utara dinilai berpotensi besar. Selain memanfaatkan sebagai objek wisata, masyarakat juga memanfaatkan kawasan tersebut untuk tambak ikan.

Informasi terhimpun, total lebih dari 70 jaring apung milik 4 kelompok perikanan dari desa sekitar sudah berhasl memanfaatkan perairan danau. Bahkan, data dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Rejang Lebong, lokasi ini bahkan mampu memenuhi kebutuhan ikan Rejang Lebong.

Selain memenuhi pasar tradisional lokal, dari 70 kolam apung tersebut sudah diekspor keluar daerah, seperti Kota Bengkulu, hingga ke Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.



 

Ikan-ikan yang dihasilkan antara lain, ikan Nila, Ikan Gurami, Ikan Patin, Lobster dan lain-lain. Selain, itu, sebagai objek wisata, Danau Talang Kering bisa lebih dieksplorasi lagi.

Secara geografis, letak danau ini terbentang di tiga wilayah desa, antara lain Desa Tunas Harapan, Desa Pahlawan dan Desa Perbo. Menurut Camat Curup Utara, Zulfan Effendi, keberadaan danau ini bisa memberi tambahan masukan bagi ketiga desa tersebut.

Komentar