Pantai Lasiana

Pantai Lasiana

     Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat anda berada di NTT adalah Pantai Lasiana. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorite yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini terletak di wilayah Kupang Tengah. Pantai ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dengan udara yang sejuk karena banyak pohon kelapa dan pohon lontar yang berjajar di sekitar pantai. Di pinggir pantai juga terdapat pondok yang biasa disebut lopo-lopo oleh penduduk setempat, pondok ini dibuat dari batang pohon kelapa atau kayu dan atap mengguanakan ijuk yang terbuat dari daun lontar atau alang-alang.

     Pantai ini memiliki pasir putih yang halus, dan airnya jernih berwarna biru serta ombaknya yang kecil dan tenang. Karena ombak di pantai yang relative tenang, banyak wisatawan yang datang kesini untuk berenang ataupun bermain air di Pantai. Saat pengunjung sudah lelah bermain air di pantai, biasanya pengunjung beristirahat di bawah lopo-lopo sambil meminum air kelapa.

     Untuk menuju Pantai Lasiana ini anda dapat lakukan dengan berbagai cara. Banyak kendaraan umum yang melewati pantai ini atau anda juga dapat menggunakan mobil sewaan (rent car). Di sana juga terdapat ojek, yang harganya pasti lebih murah. Area parkir yang ada di Pantai Lasiana juga terbilang cukup baik, jadi anda juga tidak perlu takut untuk membawa mobil pribadi. Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang cukup lengkap. Disekitar pantai banyak terdapat homestay dan fasilitas MCK. Untuk masuk ke pantai ini anda akan dikenai biaya sekitar Rp. 1.000,- per orang, Rp. 500,- per sepeda motor, dan Rp. 1.500,- per mobil/ kendaraan roda empat.

     Dengan pemndangan pasir yang indah serta matahari terbenam yang sangat indah membuat para pengunjung yang datang ke pantai ini seolah-olah terhipnotis untuk berada di pantai ini lebih lama. Selain di manjakan dengan pemandangan pantai yang sangat indah, kita juga akan disuguhkan dengan makanan lokas khas kupang seperti pisang epe, jagung bakar, gula air, dll. Karena keindahan Pantai Lasiana yang memiliki pasir yang putih membuat orang-orang yang pernah berkunjung ke sana pasti ingin kembali untuk mengunjungi pantai ini.

     Pantai ini dibuka untuk umum pada tahun 1970-an. Dan Dinas Pariwisata mulai membangun fasilitas yang ada di pantai sejak tahun 1986. Pantai yang memiliki pemandangan yang indah ini berjarak sekitar 12 km dari kota kupang, dan pantai ini adalah salah satu patai yang wajib anda kunjungi selama anda berada di Kupang. Di pinggir pantai juga terdapat berbagai macam warung yang menyediakan berbagai snack dan makanan untuk mengganjal perut. Jadi anda tidak perlu khawatir kelaparan jika berada di pantai ini.

Komentar