Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan memiliki keunikan yang khas. Pulau ini sangat terkenal baik didalam maupun di luar negeri. Di pulau ini terdapat binatang khas yang sangat langka yaitu Komodo.

Pulau Komodo ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa. Di Pulau ini adalah tempat binatang langka yang hampir punah yaitu Komodo. Komodo yang terdapat di pulau ini sekitar 1300 ekor hingga agustus 2009. Selain terdapat hewan langka Komodo, di pulau ini juga memiliki berbagai macam Flora yang sangat eksostise, tumbuah flora ini juga sering di manfaatkan oleh penduduk sekitar. Seperti Pohon Kayu Sepang yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan dan obat, serta pohon nitak yang dapat digunakan sebagai obat dan bijinya seperti kacang ppolong memiliki rasa yang unik dan gurih.

Taman Nasional Komodo yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar serta pulau-pulau lain yang memiliki luas sekitar 1.817 persegi yang merupakan habitat asli dari hewan langka Komodo. Taman ini didirikan untuk melindungi kelestarian Komodo yang hampir punah dan dirikan pada tahun 1980. Bukan hanya untuk melindungi Komodo yang hampir punah, akan tetapi Taman Nasional Komodo ini juga melindungi berbagai macam tumbuhan dan satwa yang ada di pulau, serta binatang-binatang yang ada di laut.

Pulau Komodo ini diberi nama oleh orang Belanda pada tahun 1910. Berawal dari pasukan Belanda yang melaporkan kepada Letnan Steyn Van Hens Broek bahwa dia melihat hewan besar yang menyerupai naga yang berada di pulau tersebut. Lalu, Steyn membunuh hewan tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden yang berada di Bogor untuk diteliti. Bahkan UNESCO juga sudah mengakui bahwa Taman Nasional Komodo ini sebagai Situs Warisan Dunia pada 1986. Dan pulau-pulau yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo ini harus dipelihara sebagai habitat asli reptile yang hampir punah ini dan dijuluki “Komodo”.

Pulau komodo ini juga pernah masuk menjadi finalis di “New Seven Wonders of Nature” pada tahun 2009. Dan baru diumumkan pada tahun 2010 Selain dapat melihat komodo yang yang hampir punah. Kita juga dapat melihat keindahan pemandangan yang ada di Pulau Komodo ini. Pulau yang di kelilingi dengan padang rumput yang sangat luas dan bukit-bukit yang indah serta pemdangan bawah laut yang indah. Kita juga dapat berkemah, mendaki serta melakukan pengamatan satwa yang ada di Pulau Komodo ini. Kita juga dapat melakukan olah raga laut seperti diving, kano, snorkeling, memancing, dll.

Komentar