Gua Liang Bua

Gua Liang Bua

     Gua Liang Bua adalah sebuah gua yang terletak di Bukit Kapur, Manggarai, Flores. Liang bua sendiri memiliki arti Gua/ Lubang Sejuk. Gua ini adalah gua tempat penemuan mahluk yang mirip dengan manusia atau sering disebut dengan nama homonim baru yang diberi nama Homo Floresiensis pada tahun 2001. Gua ini memiliki ukuran yang besar yaitu memiliki panjang 50 m, tinggi 25 m, dan lebar 40 m. Karena gua ini memiliki ukuran yang besar gua ini pernah dijadikan tempat ibadah dan sekolah.

     Gua ini sangat dikenal di seluruh dunia karena ditemukannya tengkorak manusia purba yang diberi nama Homo Floresiensis. Tengkorak manusia ini ditemukan pada kedalaman 6 meter. Ukuran dari kerangka otak yang ditemukan sekitar 430 cc sangat jauh berbeda dengan ukuran manusia normal yang memiliki ukuran lebih sekitar 1.400 cc. Para arkeolog berpendapat bahwa tengkorak yang ditemukan ini berasal dari 2 juta-12 ribu tahun sebelum masehi dan berada di zaman pleistosen. Gua ini sangat terkenal karena penemuan arkeologinya, saat anda datang ke gua ini anda tidak dapat melihat hasil temuan di sini. Karena tidak adanya replika dan informasi mengenai penemuan yang ditemukan di Gua Liang Bua ini.

     Wisatawan yang datang ke gua ini hanya bisa melihat gua yang sangat besar dengan berbagai macam batu stalagmite dan penalaran bahwa manusia pendek pernah tinggal di dalam gua ini ribuan tahun yang lalu. Di sekitar Gua Liang Bua ini juga terdapat gua-gua lain seperti Gua Tanah, Gua Galang, dll. Dan perjalan mennuju gua tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Gua Liang Bua ini memiliki jarak sekitar 14 km dari Ruteng. Bemo dan truk biasanya melewati situs ini dan menampung penumpang dari Ruteng, tapi jadwal mereka masih tak tentu. Jadi untuk menuju gua ini sebaiknya anda menyewa kandaraan seperti mobil/motor, anda juga dapat menggunakan taxi. Sementara untuk menuju Rutang anda bisa menggunakan tranportasi darat dari Labuan Bajo, Ende ataupun Maumere. Di sekitar Gua Liang Bua ini tidak terdapat penginapan sama sekali. Penginapan terdekat dengan situs ini adalah berada di Ruteng. Jadi jika anda ingin mengunjungi situs ini anda perlu menginap di sekitar Ruteng.

     Tips untuk anda yang ingin menuju ke situs ini. Sebaiknya anda membawa makanan dan minuman sendiri dari penginapan. Karena di Gua Liang Bua ini tidak ada penjual makannan atau minuman sama sekali. Jika anda menggunakan mobil pribadi, taksi , atau motor sebaiknya anda berjalan dengan hati-hati karena rute yang harus dilewati dari Ruteng sangat sempit dan hanya bisa dilalui satu kendaraan saja. Dan supir yang mengendarai mobil juga harus terampil karena kondisi jalan yang sangat berbahaya dan berada di daerah bukit.

Komentar