Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

      Danau Kelimutu Danau Tiga Warna Kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki keunikan yang sangat khas yang tidak dimilikki pada danau-danau lain, yaitu warna danau yang sering berubah di setiap tiga kawah bekas letusan Gunung Kelimutu. Danau Tiga Warna ini terletak di puncak Taman Nasional Kelimutu. Panorama yang ditampilkan dari ketiga danau sangatlah indah. Konon kata penduduk setempat ke tiga danau tersebut merupakan tempat bersemayamnya roh-roh dan juga di yakini memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

      Untuk mencapai lokasi danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu, anda dapat memulai perjalanan dari kota Moni. Kota Moni ini adalah basecamp bagi para backpacker. Pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan menuju puncak gunung sangat indah. Tiga danau yang ada di Gunung Kelimutu ini memiliki nama masing-masing, Danau yang berada paling barat bernama Tiwu Ata Mbupu yang memiliki arti danau jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal. Danau yang berada di tengah bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang memiliki arti danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Dan danai yang paling timur bernama Tiwu Ata Polo adalah danau untuk jiwa-jiwa orang meninggal yang selalu melakukan kejahatan.

      Daerah Danau Kelimutu ini dikelilingi dengan flora endemic yang jarang sekali ditemukan di flores. Selain pohon pinus yang tumbuh di sekitar danau, terdapat juga kayu merah, casuarinas, dan bunga edelweiss. Hutan pinus di kawasan ini tumbuh sangat subur di Gunung Kelimutu. Sementara bagian lain gunung ini kering dan tanahnya tidak stabil. Banyak orang yang berpendapat bahwa perubahan warna di danau kelimutu ini disebabkan oleh aktivitas Gunung Berapi Kelimutu, adanya pembiasan cahaya matahari, adanya mikro biota yang terdapat di air danau, adanya zat kimia terlarut, serta terjadinya pantulan warna pada dinding dan dasar danau. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa perubahan warna air yang terjadi pada danau kelimutu dikarenakan perubahan komposisi kimia yang terjadi di air kawas dan akibat perubahan gas-gas yang berasal dari gunung, serta akibat peningkatan suhu yang terjadi. Saat anda berada di puncak gunung anda juga dapat menyaksikan matahari terbit yang sangat menawan.

      Untuk menyaksikan matahari terbit, anda sebaiknya berkunjung pada pagi hari sekitar pukul 3.30 WITA. Suasana yang ditampilkan sangat indah matahari yang baru terbit serta keindahan Danau Kelimutu memberikan sebuah panorama alam yang sangat menawan. Jika anda ingin membeli souvenir, souvenir local khas flores ini tersedia di area parkir menuju Gunung Kelimutu. Di sini anda bisa menemukan kain ikat yang merupakan kain khas flores. Kain ikat ini memiliki motif yang berbeda-beda di setiap kabupatennya.

      Jika anda ingin merasakan makanan khas tradisional kota moni. Anda bisa berkunjung ke pasar tradisional moni, ataupun ke beberapa restoran yang terdapat di kota moni. Jika anda hanya ingin mendaki ke Danau Kelimutu, anda tidak perlu repot-repot untuk membawa makanan karena perjalanan ke Danau Kelimutu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Tetapi jika anda ingin menjelajahi Taman Nasional, anda harus membawa makanan sendiri terutama air minum. Karena anda pasti akan lamar mengitari Taman Nasional yang sangat luas.

Komentar