Air Terjun Kelambu Lombok

Air Terjun Kelambu Lombok

      Air Terjun Kelambu Lombok adalah tetangga dari Air Terjun Benang Stokel yang juga berada di daerah Kabupaten Lombok Tengah bagian utara atau tepatnya di Dusun Pemotoh Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara. Air Terjun Benang Kelambu letaknya tidak jauh dari Air Terjun Benang Stokel, jaraknya sekitar 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan karena letak Air Terjun Benang Kelambu ini berada di bagian atas hulu Air Terjun Benang Stokel. Dari Air Terjun Benang Stokel menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini maka anda harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak membelah hutan tropis dengan lembah bukit yang terjal.

      Disepanjang perjalanan anda bisa merasakan dan menghirup udara segar pegunungan yang sejuk serta nuansa alam yang masih sangat alami karena lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini letaknya di tengah-tengah hutan tropis yang hijau. Setelah anda tiba di lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini anda akan melihat betapa keindahan alam yang dimiliki oleh Air Terjun Benang Kelambu ini yang akan membuat anda semakin terpesona, namun keberadaan Air Terjun Benang Kelambu ini belum banyak diketahui dan dikenal oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan manca negara, dan keberadaannya hanya diketahui oleh penduduk lokal saja karena Air Terjun Benang Kelambu ini masih belum dupublikasikan secara meluas oleh pihak-pihak yang terkat. Lokasi Air Terjun Benang Kelambu dari kota Mataram Lombok Barat jaraknya sekitar 42 Km atau sekitar 25 Km dari kota Praya Lombok Tengah. Jalan menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini memang sudah beraspal, namun sayang kondisinya kurang bagus.

      Selama perjalanan anda menuju lokasi wisata alam Air Terjun Benang Kelambu ini, anda akan melalui jalan pedesaan yang sedikit berliku dan naik turun dengan hamparan persawahan di kiri kanan jalan, dan sebelum anda tiba di lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini anda juga akan memasuki kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk. Setelah anda tiba di lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini, maka dari atas perbukitan anda akan melihat sekilas pemandangan Air Terjun Benang Kelambu ini yang benar-benar sangat menakjubkan. Aliran air dari Air Terjun Benang Kelambu ini bersumber langsung dari sumber mata air Danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani.

      Berdasarkan namanya, Air Terjun Benang Kelambu ini memang unik dan lain daripada air terjun yang lainnya atau dari air terjun yang umum anda jumpai, karenan Air Terjun Benang Kelambu ini aliran airnya yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung jatuh ke bawah melainkan airnya yang jatuh ini mengalir melalui celah-celah tanaman-tanaman merambat yang tumbuh lebat di bagian atas tebing dan kemudian jatuh berjajar bagaikan kelambu atau tirai yang menggantung di udara dan membentuk sebuah pemandangan yang sangat mempesona dan menakjubkan, karena hal itulah sehingga air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu. Aliran air yang jatuh dari Air Terjun Benang Kelambu yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini tidak langsung jatuh ke dasar, akan tetapi aliran air tersebut akan jatuh pada tingkatan yang kedua di bagian atas yang berupa sebuah kolam yang terbentuk dari lempengan-lempengan batu cadas, dan setelah aliran air ini melewati beberapa susunan lempengan batu tersebut barulah akhirnya aliran air ini jatuh mencapai kolam yang ada di dasar.

      Karena hal inilah yang membuat curahan air yang jatuh pada Air Terjun Benang Kelambu ini tidak terlalu deras dan tidak membuat pedih di badan, sehingga obyek wisata alam Air Terjun Benang Kelambu ini sangat cocok sekali untuk digunakan juga sebagai tempat wisata pemandian sambil menikmati keindahan panorama alam serta menghirup udara pegunungan yang ada disekitar Air Terjun Benang Kelambu ini. Konon menurut cerita yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa jika anda mandi di Air Terjun Benang Kelambu ini akan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga bisa membuat anda awet muda.

Komentar