Taman Narmada

Taman Narmada

      Taman Narmada adalah salah satu objek wisata sejarah di Lombok. Untuk menuju taman ini menempuh jarak kira-kira 11 km dari kota mataram. Taman yang memiliki luas 2 hektar ini. Di area Taman Narmada ini terdiri dari Pura Nurmada, Bale Terang, Bale Loji, Telaga Kembar, Tealaga Padmawangi, Bale Bancingah, Bale Pamerajan, dll.

      Salah satu yang terkenal di Taman Narmada ini adalah Bale Petirtan, di tempat ini terdapat sumber mata air yang merupakan gabungan dari 3 sumber yaitu Narmada, Lingsar Suranadi. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini mempercayai air suci dari gabungan 3 sumber mata air ini sebagai air awet muda.

      Setelah bersembayang di tempat ini biasanya umat hindu/pengunjung mencuci muka atau meminum air tersebut. Air suci ini tidak boleh digunakan untuk mencuci kaki. Dan wanta yang sedang berhalangan juga tidak boleh masuk ke wilayah ini. Anda juga dapat membawa air suci ini pulang dengan harga Rp. 10.000,- per jerigen nya.

      Di dalam taman narmada juga terdapat Bale Terang yaitu sebuah rumah panggung. Rumah panggung ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas sendiri terdiri dari tiga bagian utara dan selatan sebagai tempat tidur raja. Dan bagian tengah sebagai tempat raja melihat pemandangan. Sementara, di bagian bawah rumah panggung digunakan sebagai gudang. Selain itu, di sekitar rumah panggung pun terdapat kolam berair bening.

      Di kompleks taman narmada juga terdapat sebuah tempat ibadah untuk umat hindu yaitu Pura Kelasa. Pura ini adalah salah satu pura yang tertua di Lombok. Untuk menuju pura ini kita perlu menaiki beberapa anak tangga. Disekitar pura terdapat banyak tanaman yang tumbuh.

      Di Taman Narmada ini juga terdapat rumah tempat tinggal raja dan istrinya yang dinamakan bale loji. Di sini juga terdapat sebuah telaga yang konon dulu dijadikan tempat mandinya para dayang-dayang. Namun sekarang berubah jadi tempat pemancingan.

      Di Komples Taman Narmada juga terdapat Telaga Ageng yang merupakan replica dai danau segara anak yang terdapat Gunung Rinjani. Di tepi telaga ini ada sebuah pancuran yang berbentuk gajah, ksatria dan miniature candi dengan bentuk matahari. Fasilitas wisata di tempat ini juga terbilang cukup lengkap. Mulai dari kolam renang anak, outbond, dll.

      Di taman ini juga dapat d kunjungi untuk sekedar bersantai seperti berpiknik bersama keluarga, ataupun melihat-lihat sekitar Taman Namarda yang tentunya dapat membuat sejuk pikiran. Di luar Taman Narmada ini juga terdapat kios-kios kecil yang menjual pernak-pernik, souvenis, kaos, dll.

      Biaya masuk ketaman ini adalah Rp. 5000,- perorang dan biaya parkir Rp. 2000,-

Komentar