Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela

      Taman Nasional Manusela, berlokasi di Kepulauan Maluku, Indonesia. Taman Nasional Manusela ini dapat Anda capai melalui Pantai Utara , Sawai dan Wahai, atau Pantai Selatan, Tehoru dan Moso dengan menggunakan kapal ferry dan juga kendaraan lain seperti mobil atau motor. Untuk Anda yang suka mendaki, Jalur Selatan, Moso adalah jalur yang cocok untuk Anda. Karena pada rute Moso ini kelerengannya kurang lebih adalah 30%. Wisata Taman Nasional Manusela ini cocok untuk Anda yang suka dengan keindahan alam yang masih sangat alami dan hijau.

      Taman yang merupakan perwakilan tipe ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, dan hutan hujan pegunungan di Maluku ini memiliki gunung tertinggi di dalamnya, yaitu Gunung Binaya. Gunung Binaya merupakan gunung tertinggi di Taman Nasional Manusela dengan ketinggian mencapai 3.027 meter. Dengan tipe vegetasi mangrove, pantai, hutan rawa, tebing sungai, hutan hujan tropika pamah, hutan pegunungan, dan hutan sub-alpin,

      Taman Nasional Manusela dihuni sekitar 117 spesies burung, dan 14 diantara spesies burung tersebut endemik, yaitu Alisterus amboinensis, Philemon subcorniculatus, Todiramphus sanctus, Todiramphus lazuli, Kakatua Maluku, Kasturi tengkuk ungu, Nuri Bayan, Kesturi ternate, Kakatua Seram, dan Raja udang. Namun sayangnya Burung Kakatua Seram dan juga Kalong Seram adalah salah satu dari spesies endemin Maluku yang sekarang ini keberadaannya terancam punah akibat pemburuan liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, faktor lain akibat kepunahan Burung Kakatua Seram dan Kalong Seram juga karena perusakan habitat mereka. Tidak hanya itu, satwa lain yang terdapat di Taman Nasional Manusela ini seperti Rusa, Kuskus, soa-soa, babi hutan, luwak, kadal panama, duyung, penyu hijau, dan ada berbagai jenis kupu-kupu cantik disana. Namun terdapat juga satwa marsupial yang keberadaannya terancam punah seperti Bandikot Seram. Keadaan satwa yang terancam punah sangat disayangkan oleh pemerintah sekitar, namun masyarakat di kawasan Taman Nasional Manusela seperti desa Manusela, Ilena Maraina, Selumena, dan Kanike percaya akan gunung-gunung yang terdapat di Taman Nasional Manusela dapat memberikan perlindungan bagi satwa-satwa di dalamnya dan juga perlindungan dalam kehidupan mereka sendiri sehingga secara tidak langsung mereka percaya bahwa gunung-gunung tersebut akan membantu menjaga melestarikan Taman Nasional Manusela .

      Di Taman Nasional ini terdapat juga berbagai jenis tumbuhan yang dapat Anda temukan seperti berbagai jenis Anggrek, Pakis Endemik (Chintea binaya), kayu putih (Melaleuca leucadendron), benuang (Octomeles sumatrana), matoa/kasai (Pometia pinnata), ketapang (Terminalia catappa), pandan (Pandanus sp.), meranti (Shorea selanica), api-api (Avicennia sp.), kapur (Dryobalanops sp.), pulai (Alstonia scholaris), tancang (Bruguiera sexangula), bakau (Rhizophora acuminata). Butuh waktu beberapa jam untuk sampai ke tempat ini jika di tempuh dari Kota Ambon.

Komentar