Pantai Liang

Pantai Liang

      Pantai Liang, pantai yang disebuat juga dengan pantai Hunimua ini berlokasi di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai berjarak +- 35km dari pusat kota.

      Pantai Liang ini pada tahun 1990 pernah dijadikan sebagai pantai terindah di Indonesia dan dinobatkan oleh UNDP – PBB. Dan sampai saat ini Pantai Liang selalu menjadi incaran para investor asing. Setiap sudut pantai di Pantai Liang ini sangat indah untuk di abadikan, maka dari itu untuk Anda yang mengunjungi tempat ini wajib bagi Anda mengabadikan moment di Pantai Liang, apalagi untuk Anda yang hoby fotografi Anda dapat menumpahkan hobby memfoto Anda di Pantai Liang ini. Deretan pepohonan yang rindang disepanjang pinggiran pantai dapat Anda gunakan sebegai tempat istirahat setelah bermain di pantai ini. Kecantikan alami dan mempesona dari Pantai Liang ini tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia, namun sayangnya di pantai ini belum banyak tersedia fasilitas olahraga air seperi snokling, diving, dan lain-lain.

      Jika Anda sampai di pantai ini, Anda akan disambut oleh pasir putih nya yang berkilau terkena sinar matahari, yang seakan-akan menjadi pintu masuk menuju kecantikan gradasi air laut yang biru. Jadi Anda disini akan tergoda dan ingin berenang atau sekedar bermain air. Untuk Anda yang tidak ingin keramaian dan lebih suka kesunyian serta ketenangan di pantai ini, sebaiknya anda mengunjungi Pantai Liang saat tidak memasuki musim liburan. Karena sudah dipastikan jika musim libur sudah tiba, pantai Liang selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin melepas penat dan menikmati pemandangan di Pantai Liang. Ketika laut teduh dan tidak berangin saat itu lah waktu yang tepat bagi Anda untuk berkunjung ke Pantai Liang.

      Jangan berkunjung pada saat musim angin barat atau musim angin timur karena pada saat musim tersebut laut di Pantai Liang akan berombak dan menyebabkan air di pantai liang keruh. Bulan – bulan yang tenang seperti September – November atau April – Mei adalah waktu yang pas untuk Anda mengunjungi Pantai Liang. Sebagai pantai di Ambon yang termasuk minim fasilitas, Pantai Liang terkesan sederhana. Beberapa bangun sederhana yang terbuat dari kayu menaungi para pencari nafkah di Pantai Liang seperti berjualan makanan, minuman, hingga mie rebus dan rujak. Dengan keserhanaannya ini Pantai Liang tetap terlihat eksotis dimata penikmat pantai. Pantai Liang ini menjadi salah satu pantai terkenal favorit di Ambon yang diburu para wisatawan baik lokal maupun non lokal. Karena kecantikan dan kemolekannya pantai ini sering menjadi buah bibir para penikmat alam. Pantai ini pernah menjadi incaran para investor asing yang ingin mengembangkan resort untuk menggenjot pantai liang, namun niat itu batal, dan sampai sekarang Pantai Liang masih resmi menjadi milik warga sekitar.

      Sayangkan akses menuju Pantai Liang cukup sulit, walaupun tersedia angkutan umum jumlahnya pun masih sangat terbatas dan angkutan umum tersebut hanya beroperasi pada jam-jam tertentu. Namun Anda dapat menyewa angkutan umum dengan tarif sekitar +- Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 200.000 yang cukup hingga 10 orang. Dengan angkutan umum tersebut Anda sudah dapat berkeliling ambon dan mengunjungi pantai-pantai yang berdekatan seperti Pantai Liang, Pantai Suli, dan juga Pantai Natsepa.

Komentar