Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu obyek wisata pantai yang terkenal di Kabupaten Serang,Provinsi Banten, tetapi pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Provinsi Banten, seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, yang populer dengan keindahan panorama pantai dan pesona bawah lautnya, daya tarik dari Pantai Karang Bolong justru terletak pada sebuah batu karang besar bolong yang terdapat di pantainya. Pantai Karang Bolong yang terlertak 50 Km dari kota Serang atau 140 Km dari kota Jakarta, sekitar 11 km kearah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan. Letak Pantai Karang Bolong yang di pinggir jalan memudahkan para pengunjung menemukan pantai ini.

Pantai karang Bolong anyer adalah daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri terutama setiap akhir pekan dan libur panjang. Pantai Karang Bolong selalu dipenuhi pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. Pantai Karang Bolong dikelola oleh manajemen swasta dan ada pula yang dikelola oleh pemerintah daerah. Karang Bolong merupakan kawasan wisata yang menyediakan beragam keindahan pantainya mulai dari pemandangan alam pegunungan sampai hutan yang terdapat di sekitar pantai..

Sebelumnya pantai yang berada di ruas jalan utama Anyer-Carita ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga. Nama ini diambil dari Suryadilaga, nama orang sakti mandraguna pada zaman dahulu yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya. Meskipun Suryadilaga telah lama meninggal, masyarakat sekitar pantai ini tetap percaya bahwa ia masih hidup dan bermukim di pantai tersebut. Dalam perkembangan selanjutnya, perlahan-lahan nama Karang Suraga memudar dan berganti nama menjadi Karang Bolong. Hal ini disebabkan adanya sebuah batu karang besar yang di tengahnya berlubang (bolong) dan membentuk sebuah lengkungan, yang dimana salah satu ujung karangnya berada di tepi pantai, sementara ujung karang yang satu lagi menghadap ke laut lepas.

Nama Pantai Karang Bolong diambil dari karang yang besar dan berlubang ditengah nya. Karang Bolong merupakan karang besar yang berlubang di tengahnya, menurut perkiraan para ahli, diperkirakan akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Pantai Karang Bolong berbentuk lengkung yang sangat lebar dan menghadap langsung ke laut lepas. Pengelola pantai disini membuat beberapa anak tangga di bagian karang agar pengunjung bisa menaiki karangnya hingga bagian atas. Dari tempat ketinggian itulah para pengunjung bisa menikmati pemandangan laut. Pemandangan Pantai Karang Bolong bila dinikmati di atas karang. Kedamaian akan sekali terasa ketika berada di atas karang. Belum lagi hilir mudik angin laut yang tak henti mengenai wajah dan rambut serta sangat menghadirkan kesejukan. Di Pantai Karang Bolong para turis bisa melakukan banyak kegiatan seperti bermain jetski, banana boat, selancar, berenang di laut, memancing, main voli pantai, berperahu sambil mendengarkan deburan ombak dan menikmati hembusan angin laut.

Komentar