Cagar Alam Pulau Dua

Cagar Alam Pulau Dua

      Pulau dua atau sering disebut pulau burung ini masih satu pulau yang terletak di provinsi Banten, yang memiliki keindahan alam luar biasa. Lebih tepat keindahan pada bagian lautnya Kalau dilihat secara administratif Pulau Dua masuk pada wilayah Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, dengan tata letak geografis 106°-21’ BT dan 6°01 LS. Curah hujan pada pulau ini rata-rata 1500-2000 mm per tahun yang basah. Pada bulan Januari dan Agustus merupakan masa kemarau dengan temperatur rata-rata 26°C. Ketinggian pulau antara 0-10 m dpl. Pada tanah bagian barat pulau ini agak kering sedangkan pada bagian timur umumnya rendah dan banyak rawa-rawa. Struktur tanah dengan kandungan pasir yang tinggi tidak mampu menahan air hujan sehingga tanah di pulau ini umumnya kering. Bahkan hampir secara keseluruhan sumber air tawar tidak ada. Air rawa yang ada disini pun rata - rata berasal dari laut yang menggenang ketika laut pasang.

      Pulau ini merupakan cagar alam yang dikelola langsung oleh pihak dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Tetapi di pos jaga yang berada di tengah pulau tersebut masih tertulis Provinsi Jawa Barat. Akibat kurang nya perhatian dari Pemerintah Provinsi Banten, gaji bulanan para penjaga di pulau ini ternyata masih dibayarkan oleh pihak BKSDA Provinsi Jawa Barat.

      Obyek wisata pulau burung ini atau sering disebut juga dengan pulau burung memiliki daya tarik yang unik dibandingkan dengan obyek wisata lainnya. Keunikan itu tidaklah lain dan tidaklah bukan keindahan alam bawah lautnya yang mempesona. Gugusan karang yang indah, berbagai macam jenis ikan laut, serta berbagai jenis burung yang ada di pulau ini. Luas pulau ini sekitar 30 Ha. Dimana setiap bulan april dan agustus pulau ini akan didatangi sekitar 1.000 jenis burung. Yang dimana 60 dari jenis burung itu adalah dari negara lain. Pada bulan ini juga tempat wisata pulau burung ini akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan baik asing maupun lokal. Karena di waktu inilah kita mempunyai kesempatan untuk menikmati alam di pulau ini sambil mempelajari dan melihat beraneka ragam jenis burung. Untuk mencapai pulau ini bisa menggunakan perahu tradisional atau perahu motor nelayan setempat sekitar 15 sampai 30 menit dari Sawah luhur, Kaseman – Banten. Jadi jika datang dari Jakarta, terlebih dahulu bisa menuju desa sawah luhur, kaseman – Banten. Setelah itu bisa menitipkan atau meninggalkan mobil di tempat yang telah disediakan dan naik perahu menuju pulau dua atau pulau burung. Lalu setelah itu bisa menikmati panorama keindahan yang menawan dari pulau burung ini.

Komentar