Pulau Kumala

Pulau Kumala

     Pulau Kumala adalah sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah sungai Mahakam dan berada di Kota Tenggarong. Pulau yang memiliki luas sekitar 85 hektar ini awal mulanya merupakan sedimentasi lumpur yang membentuk tanah. Pulau ini sangat unik karena terlihat seperti kapal yang sedang berada di tengah sungai. Pada awalnya, pulau kumala adalah rumah dari ratusan Bekantan (Nasalis Larvatus) dan berbagai macam reptile. Lalu, pada tahun 2002 pulau ini dikembangkan menjadi sebuah tempat rekreasi modern. Untuk masuk ke taman wisata ini, anda akan dikenai biaya sekitar Rp. 2.000,- per orang.

     Pulau kumala adalah taman rekreasi modern yang terdapat di Kalimantan Timur. Lokasi Pulau Kumala yang terdapt di tengah sungai membuat kesan yang sangat unik. Banyak fasilitas-fasilitas wahana yang terdapat di pulau ini. Salah satu fasilitas terkenal yang terdapat di pulau ini adalah SKY TOWER. Sky tower merupakan menara yang memiliki tinggi 78 meter. Saat anada menaiki Sky Tower ini anda bisa melihat keindahan seluruh pulau dan sebagian Kota Tenggarong dari atas. Menara ini dapat berputar secara perlahan sehingga pengunjung yang menaiki wahana ini bisa melihat seluruh Pulau Kumala. Ada juga fasilitas lain yang tidak kalah terkenal dari Sky Tower seperti mobil bumper, lamin mincing, lamin beyoq, dan lamin wahau, patung lembuswana, Danau Pesut, dll. Untuk menyebrang ke Pulau Ini, anda bisa menaiki perahu motor atau ketinting melalui dermaga yang terletak di Jalan Diponegoro, Tenggarong.

     Perjalan menuju ke Pulau Kumala ini akan memakan waktu 5 menit. Dan anda akan dikenai biaya sekitar Rp. 4.000,- (jika lebih dari 5 orang) atau Rp. 20.000,- (jika kurang dari 5 orang) karena akan dihitung menyewa perahu. Selain menggunakan kapal anda juga dapat menuju Pulau Kumala ini dengan menaiki kereta gantung yang terletak di seberang Tenggarong. Saat anda berkeliling di Pulau Kumala ini anda tidak perlu takut kelaparan. Karena di sini terdapat Kios makanan Taman Nasional yang menjual Bakso dan Rames. Di kios ini juga menjual berbagai macam makanan ringan. Pulau kumala di bangun dengan konsep penggabungan budaya modern dan budaya tradisional. Taman Rekreasi Pulau Kumala pun di desain denga rapi yang memadukan arsitektur modern dan budaya tradisional. Pulau ini juga dibangun menyerupai dengan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, pulau ini juga dibangun untuk menampilkan kabudayaan dari Kalimantan yang memadukan antara suku Dayak, Kutai, dan Jawa. Jika anda ingin menginap di Pulau ini, pengelola Taman Rekreasi ini menyediakan pondok yang lengkap dengan kolam renang dan cathering. Tetapi anda harus memesan satu minggu sebelum menginap, agar pengelola bisa membuat persiapan yang tepat. Pondok juga tidak dibuat setiap hari, ada baiknya anda memesan untuk berkelompok. Pondok ini cukup besar dan dapat menampung hingga 100 pengunjung.

Komentar