Labuan Cermin

Labuan Cermin

Labuan Cermin adalah salah satu danau yang memiliki air yang sangat jernih hingga anda dapat melihat hewan-hewan yang ada di dalam danau serta dasar dari danau. Danau ini terletak di pedalaman Kalimantan Timur. Danau ini juga memiliki keunikan lain selain air yang jernih. Keunikan lain dari danau ini adalah memiliki air yang mempunyai dua rasa. Rasa asin yang berada di dasar danau, dan rasa tawar yang berada di atas danau. Dan anehnya lagi air ini tidak bercampur padahal terletak di tempat yang sama.

Letak Danau Labuan Cermin ini berada di Kecamatan Biduk-Biduk. Untuk menuju danau ini anda harus menempuh 3 jam perjalanan dari Pulau Derawan menggunakan kapal. Karena memiliki dua lapisan air yang berbeda, sehingga membuat hewan yang hidup di danau ini pun berbeda. Ada berbagai macam ikan air tawar yang hidup di permukaan danau, sedangkan ikan air laut hidup di dasar danau. Air yang memiliki rasa asin terletak sekitar 2 meter pada kedalaman permukaan danau. Dan ketebalan lapisan air asin dan air tawar di danau ini berubah-ubah sesuai dengan pasang-surut air. Danau Labuan Cermin ini dikelilingi dengan hutan, dan terdapat sebuah tebing yang menjulang di sisi lain danau ini.

Kegiatan yang dapat kita lakukan disini adalah snorkeling, berenang, dan diving. Untuk melakukan snorkeling dan diving kita harus membawa alat sendiri, karena di kawasan ini tidak terdapat tempat penyewaan alat snorkeling dan diving. Sementara untuk anda yang sudah mahir berenang anda bisa langsung berenang, dan buat anda yang tidak bisa berenang anda bisa menyewa ban pada tempat – tempat di sekitar danau. Terdapat du acara untuk menuju ke Danau Labuan Cermin ini. Pertama anda bisa naik pesawat ke Tanjung Redep, lalu menaiki mobil menuju ke Biduk-Biduk. Perjalanan dari Tanjung Redep menuju Biduk-Biduk akan memakan waktu sekitar 6 jam. Cara yang kedua dengan menaiki mobil melalui jalur Samarinda atau Sangatta menuju ke Biduk-Biduk.

Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 12 jam. Untuk menuju ke Labuan Cermin akan menjadi perjalan yang sangat panjang dan melelahkan. saat menuju ke Biduk-Biduk. Anda akan melewati Kota Talisayan. Selama melewati kota ini anda akan disuguhkan pemandangan deretan hutan yang sangat panjang dan diselingi dengan rumah-rumah penduduk, sarta hutan sawit dan kebun buah-buahan dan juga sungai berbatu uang airnya jernih sekali. Dan saat anda sudah dekat dengan Labuan Cermin anda akan menemukan hamparan kebun kelapa yang berjajar dan menjulang tinggi serta pantai biru dengan hamparan pasir putih yang bersih. Semakin anda mendekati Labuan Cermin, semakin indah pula pemandangan yang akan disuguhkan. Tetepi untuk menuju ke Labuan Cermin anda harus menaiki perahu dan akan memakan waktu sekitar 10 menit. Jika anda akan menginap, anda harus kembali ke Kota Biduk-Biduk, karena Labuan Cermin masih di kelilingi hutan dan masih di jaga keasriannya tentu tidak ada penginapan di sekitar Labuan cermin.

Komentar