Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki

     Pulau Sangalaki adalah salah satu pulau yang termasuk dalam jejeran pulau di Kawasan Derawan. Pulau ini memiliki keindahan laut yang sangat menakjubkan. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 15,9 hektar. Di pulau ini merupakan habitat dari penyu sisik dan penyu hijau yang hampir punah. Pulau Sangalaki juga merupakan tempat bertelur utama penyu hijau yang berada di Kawasan Asia Tenggara.

     Bagi anda yang ingin melihat penyu bertelur tidaklah sulit, karena terdapat beberapa jejak penyu di sekitar pantai. Tetapi para penyu baru datang ke pulau saat malam hari. Saat malam tiba, puluhan penyu datang ke pulau ini untuk bertelur. Dan bagi anda yang ingin menyaksikan secara langsung proses bertelurnya penyu, sebaiknya anda didampingi petugas yang ada disana karena penyu merupakan hewan yang sangat sensitive, jika ada sedikit cahaya ataupun gerakan yang terdeteksi oleh penyu, maka dia akan batal untuk bertelur. Oleh karena itu, pengunjung bisanya baru boleh mendekati penyu jika mereka sudah muli mengeluarkan telurnya.

     Sebelum anda melakukan snorkeling anda sebaiknya menikmati keindahan di sekitar Pulau Sangalaki. Pulau ini sangat mempesona, pulau ini memiliki pasir yang sangat kembut, air laut yang bersih, serta hangatnya matahari yang menyapa, dan damainya angin sepoi yang berhembus. Saat anda melakukan snorkeling anda akan disuguhkan pemandangan laut yang menawan dan membuat anda ingin datang kembali ke pulau ini. Para penghuni surga bawah laut Pulau Sangalaki akan menyapa anda dengan malu-malu. Para penghuni surge bawah laut ini adalah Pari manta, cum-cumi raksasa, bintang laut, dll. Di Pulau Sangalaki ini terdapat spot-spot untuk diving yang sangat populer diantaranya ada Coral Gardens, Sandy Ridge, Manta Run, Channel Entrance, Manta Parade, Manta Avenue, The Rockies, Sherwood Forest, Gardens Town, Dan Light House. Pulau Sangalaki ini menjaga ketat pelestarian alam yang ada di pulau ini.

     Suasana di Pulau ini sangat tenang, sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur untuk menghilangkan penat dari rutinitas dan kebisingan kota. Di Pulau Sangalaki ini hanya terdapat satu buah resort yaitu Sangalaki Manta Paradise. Resort ini terdiri dari 14 cottages yang dibedakan menjadi 2 tipe, resort ini juga memiliki restoran dan bar. Resort Sangalaki Manta Paradise ini juga menyediakan fasilitas untuk anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut Pulau Sangalaki dengan menyelam. Untuk menuju ke Pulau Sangalaki ini anda bisa menggunakan pesawat menuju Balikpapan, lalu anda dapat melakukan penerbangan dari Balikpapan menuju Berau. Setelah anda sampai di Berau, anda harus melanjutkan perjalan ke Pulau Sangalaki ini menggunakan Speed Boat yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp. 400.00,-. Selama perjalanan ke Pulau Sangalaki anda akan disuguhkan aktivitas penduduk local yang tinggal di pinggir sungai.

Komentar