Sinka Island Park

Sinka Island Park

Sinka Island Park adalah salah satu tempat wisata yang tak kalah menarik nya yang ada di kota Singkawang. Di tempat ini terdapat pantai pasir dan bebatuan. Di area lokasi ini juga terdapat Pulau Simping yang merupakan salah satu pulau terkecil di dunia. Di pulau ini hanya terdiri dari bebatuan dan beberapa jenis pohon saja. Disini terdapat jembatan yang menjadi akses penghubung bagi para pengunjung untuk dapat menuju ke pulau ini dan pengunjun dapat memancing ikan karena beberapa lokasi yang ada disini merupakan tempat yang baik untuk memancing.

Sinka Island Park disini dikelola dengan cukup modern, contoh nya seperti kolam renang, kantin, tempat bermain dan berisitirahat didesain dan dibuat dengan baik agar pengunjung yang berwisata ke tempat ini bisa merasakan kenyamanan. Kelapa muda banyak dijual didekat pantai sehingga tidak perlu khawatir bila kehausan setelah berjalan-jalan menikmati pemandangan pantai. Apabila memiliki waktu lebih, ada baiknya tidak melewatkan juga tempat wisata Tanjung Bajau yang dapat di akses langsung dari lokasi Sinka Island Park. Sebenarnya, Sinka Island merupakan sebuah kawasan wisata yang sengaja didirikan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Kalimantan Barat, khususnya untuk warga Singkawang.

Di tempat wisata ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan naik delman atau kuda yang dapat disewa di objek wisata ini. Selain itu, di kawasan tempat wisata ini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung lain yang tidak kalah menarik seperti kantin, kolam renang, dan beberapa kios minuman dan makanan yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang lezat. Selain bisa mengelilingi pantai dengan delman dan kuda, para pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana permainan air yang ditawarkan di pantai ini seperti sepeda air, jetski, dan banana boat. Salah satu area yang paling populer di tempat wisata ini adalah Sinka Zoo. Sinka Zoo sendiri adalah sebuah kebun binatang dengan keadaan geografis nya yang berbukit – bukit. Area kebun binatang Sinka Zoo ini berada di bagian selatan Sinka Island yaitu sekitar 500 meter setelah masuk ke kawasan Sinka Island Park. Koleksi satwa di Sinka Zoo tergolong cukup lengkap. Pengunjung dapat melihat hewan–hewan secara lebih dekat dan dapat memberi makan ke beberapa hewan, misalnya kerbau albino dan rusa. Selain itu, pengunjung di sini juga dapat berfoto serta memegang langsung ular sanca yang habitat aslinya dari Brasil. Total keseluruhan koleksi satwa yang terdapat di Sinka Zoo ini berjumlah sekitar 275 ekor yang terdiri dari aves sebanyak 137 ekor, mamalia sebanyak 117 ekor, dan reptil sebanyak 30 ekor Selain pulau Simping, ada juga pantai Bajau.

Tiket masuk untuk ke pantai bajau ini sebesar Rp 20.000/orang. Pantai ini cenderung berbatu sehingga menyulitkan pengunjung untuk berenang. Namun di pantai Bajau ini, pengunjung bisa mencoba permainan air banana boat dengan tarif Rp 200.000/ 6 orang selama 15 menit.

Komentar