Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

      Pantai Sawarna, pantai yang memiliki keaslian pantai yang terjaga ini berlokasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Pantai dengan pasir putih, berair jernih dan memiliki bukit hijau nan lebat ini memliki lanskap keindahan alam terselip yang menghadap ke Samudra Hindia. Pantai dengan panjang sekitar 65 kilometer ini dihiasi karang dan pasir putih yang begitu menawan bagi setiap pengunjungnya. Pantai Sawarna juga dinobatkan sebagai pantai terindah dari lima pantai yang dimilki Banten. Jika Anda dan keluarga ingnin berkunjung ke Pantai Sawarna hendaknya anda menggunakan mobil pribadi anda, karena disini tidak ada kendaraan umum yang melewati Desa Sawarna. Perjalanan dari Rangkasbitung melalui Cileles-Malingping memiliki kondisi jalannya kurang baik, jadi berhati-hatilah saat melewati jalan ini. Jalur Serang ditempuh selama 8 jam perjalanan dengan kondisi jalanan yang relatif baik, kecuali jalur antara Saketi hingga Malimping yang rusak karena sering dilalui truk bermuatan kelapa sawit. Berhati-hatilah saat melewati gerbang Sawarna hingga objek wisata karena disini terdapat beberapa tanjakan dan turunan yang curam yang dapat membahayakan anda, namun tersedia rambu peringatan.

      Jika anda mengunjungi pantai sawarna ini maka hal pertama yang anda rasakan adalah anda akan terkesan dengan area persawahan yang membentang luas, panorama desa yang asri dengan penduduknya yang ramah, hembusan angin nan sejuk yang khas, serta jejeran dan deretan pohon kelapa dan jati yang berjejer bagai pagar betisnya desa tersebut. Pantai Sawarna ini akan menawan hati dan memanjakan mata Anda. Ombak nya yang spektakular cocok digunakan untuk anda yang hobi surfing atau berselancar. Bahkan pantai sawarna ini pernah dikunjungi para peselancar luar negeri dari Amerika, Australia, Jepang, dan juga Korea. Tidak hanya surfing, di pantai sawarna anda juga dapat melakukan snorkeling, banyak ikan-ikan lucu dan unik yang patut anda sapa, terumbu karang nya nancantik akan membelalakan mata anda saat ber snorkeling.

      Selain keindahan pantai sawarna, anda juga dapat menikmati wisata alam yang menajubkan lainnya seperti wisata gua. Beberapa gua dengan ciri dan khas unik nya masing-masing dapat anda temukan dan kunjungi disini, diantaranya Gua Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Goa di sawarna ini terbentuk dari masa Miosen awal yang merupakan gua karst atau batu gamping. Jika dilihat dari keindahan pantainya, sebenarnya keindahan di pantai sawarna mempunyai daya pikat yang tinggi, tetapi mungkin masih banyak yang belum mengenalnya serta sarana untuk menuju kesana termasuk minim sekali, di tambah dengan tidak terdapatnya petunjuk arah yang bisa kita jumpai di pinggir jalan raya, tetapi bagi yang suka dengan touring mungkin sangat cocok jika tujuan terakhirnya adalah pantai sawarna, karena disini anda akan mendapat pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan. Untuk anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu beberapa hari di Pantai Sawarna, Anda dapat mengunjungi penginapan yang cukup besar yaitu Sawarna Beach, atau seringkali penduduk juga menyewakan rumah mereka untuk rombongan yang mengunjungi pantai sawarna dan ingin menginap, anda dapat menggunakan jasa penginapan di rumah penduduk tersebut untuk beristirahat.

Komentar