Garuda Wisnu Kencana (Gwk)

Garuda Wisnu Kencana (Gwk)

      Garuda Wisnu Kencana (Taman Budaya GWK) merupakan salah satu daya tarik yang paling  utama di jajaran  wisata Bali. Taman budaya GWK Bali ini terletak di sebelah selatan kota Denpasar, tepatnya di daerah Unggasan, Jimbaran, Bali. lokasi ini bisa ditempuh dengan membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dari bandara Anda cukup mengikuti jalan ByPass, lurus melewati kampus Universitas Udayana Bali. Jarak dari Denpasar sekitar 40 Km arah ke selatan. Lokasi wisata GWK berdekatan dengan beberapa lokasi pariwisata Bali Indonesialainnya, seperti Pantai Nusa Dua, Pecatu, Pura Uluwatu, dan Tanjung Benoa'

      Patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung terbesar di dunia. Tentu saja akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Patung terbesar ini akan menjadi patung selamat datang di pulau Bali, yang dapat dilihat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pantai Kuta, Nusa Dua, Tanjung Benoa dan daerah sekitarnya. Patung ini dibuat oleh seorang asli Bali yang bernama I Nyoman Nuarta, salah satu dosen Universitas di Bandung, Jawa Barat. Namun ide pendirian Taman Budaya ini bukan tanpa kontroversi, karena pemegang otoritas keagamaan di pulau Bali mengeluh bahwa ukuran yang sangat besar akan mengganggu keseimbangan spiritual pulau Bali, dan juga alam yang komersialkan adalah tidak pantas.

      Meskipun proyek raksasa ini belum selesai, tetapi sudah menjadi tujuan wisata Bali yang terkenal. Taman Budaya GWK rencananya akan dikembangkan menjadi taman budaya seperti Art Center di Denpasar, dan juga digunakan sebagai ikon Bali. Kemudian, patung berbentuk Garuda Wisnu Kencana  dengan Wisnu yang naik Garuda (prajurit burung dalam mitologi Bali). Pembangunan telah dimulai sekitar tahun 1990-an. Patung ini nantinya memiliki tinggi 146 meter dan lebar 64 meter, lebih tinggi dari Patung Liberty yang hanya 30 meter di New York.

      Patung ini terbesar di dunia terbuat lebih dari 4.000 ton yang merupakan campuran tembaga dan baja. Dengan posisi menghadap utara, patung ini dimaksudkan sebagai sebuah kebanggaan Bali dengan posisinya yang menghadap ke Pura Besakih di bagian timur laut dari Bali. Namun, pembangunan tersebut masih dalam kontroversi karena tinggi patung GWK ini nantinya akan lebih tinggi dari Pura Besakih.

      Di lokasi pariwisata Bali Indonesia, Anda akan melihat bukit-bukit kapur tandus yang merupakan daya tarik tempat ini, yang bisa Anda kunjungi dan nikmati keindahannya. Dari puncak bukit Unggasan, kita dapat menikmati pesona resort pulau Bali. KeindahanPantai Kuta, Nusa Dua dan pusat kota Denpasar dapat Anda lihat dari lokasi Garuda Wisnu Kencana.

      Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini juga sering menjadi tempat kegiatan-kegiatan seperti kesenian Bali, Konser musik dan lain sebagainya.

 

Komentar