Ekowisata Hutan Mangrove

Ekowisata Hutan Mangrove

      Jika anda jalan-jalan ke Bali selatan, maka banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, antara lain, Garuda Wisnu Kencana, pantai Pandawa, pantai Dreamland atau mengunjungi daerah hutan mangrove Bali. Pada halaman ini, saya akan menulis kepada Anda tentang daerah wisata Bali yaitu hutan mangrove. Sebagai pilihan tempat wisata di Bali selatan.

      Hutan Bakau

      Hutan bakau biasanya ditemukan di pinggiran pantai. Pohon yang tumbuh di rawa yang memiliki air payau (air tawar bercampur dengan air laut). Karena ekosistem hutan mangrove yang memiliki air payau, tidak semua tanaman dapat hidup di hutan bakau.

      Manfaat Hutan Mangrove Bali

      Hutan mangrove, atau dikenal sebagai hutan bakau, memiliki fungsi atau bermanfaat untuk menahan gelombang air laut ke daratan. Dengan hutan bakau, erosi atau pengikisan tanah dapat dikurangi.

      Oleh karena itu, fungsi dari hutan bakau di pesisir pantai bagi lingkungan sangatlah penting, terutama ketika ada gelombang besar air laut ke daratan. Pulau Bali dikelilingi oleh laut dengan gelombang besar, yang rata rata keberadaan ombak besar ini terletak di pantai Bali Selatan. Untuk melindungi pantai-pantai di Bali selatan dari abrasi, maka kemudian dibuatlah hutan bakau, kerjasama antara pemeritah provinsi Bali dengan Jepang.

      Hutan mangrove di Bali yang letaknya di jalur keramaian Kabupaten Badung, yang setiap hari dipenuhi dengan kebisingan lalu lintas dan polusi udara. Tentunya dengan banyak pohon di hutan mangrove, dapat mengurangi polusi udara di daerah dekat hutan bakau Bali. Hutan mangrove Bali memiliki luas sekitar 1.300 hektar.

      Wisata Hutan Bakau Bali

      Setelah mengembangkan kawasan hutan bakau dan hutan ini menghijau, maka pemerintah provinsi Bali melihat kawasan ini dijadika untuk rekreasi bagi masayrakat setidaknya pada awalnya ditujukan untuk masyarakat lokal dan sekitar. Kawasan hutan bakau identik dengan rawa dan lumpur, kemudian bagaimana jika wisatawan ingin melewati hutan bakau ini bakau?

      Tentunya tidak akan ada wisatawan yang akan menginjakkan kaki di rawa-rawa berlumpur yang ada di hutan bakau ini. Oleh karena itu, pengelolaan hutan mangrove di Bali, menyediakan jembatan kayu dengan panjang hingga 2 km, yang mana jembatan ini berfungsi menjelajahi daerah hutan mangrove. Di beberapa tempat di atas jembatan hutan mangrove, disediakan tempat khusus bagi para wisatawan untuk menikmati suasana hutan bakau.

      Jika Anda siap untuk jalan sampai tiba di ujung jembatan kayu, maka ini adalah di mana Anda dapat melihat pemandangan yang sangat baik. Pemandangan jalan tol dan biru Teluk Benoa terlihat dari ujung hutan bakau jembatan. Hutan mangrove di Bali selain terkenal sebagai tempat rekreasi juga terkenal sebagai salah satu tempat favorit prewedding melakukan foto. Tidak hanya orang-orang lokal Bali yang melakukan foto pre-wedding di hutan mangrove, pengantin dari Jakarta dan negara-negara lain juga memilih bakau di Bali untuk pre-wedding lokasi foto.

      Jika Anda berencana untuk mengunjungi hutan bakau kawasa Bali, harus Anda datang di pagi hari atau di sore hari. dengan tujuan, sehingga matahari tidak terlalu panas dan jika Anda beruntung dapat melihat gerombolan burung terbang di sekitar kawasan hutan mangrove.

      Jika anda siap untuk jalan jalan sampai tiba di ujung jembatan kayu ini, maka di ujung jembatan kayu ini adalah di mana Anda dapat melihat pemandangan yang sangat baik. Pemandangan jalan tol dan birunya air laut Teluk Benoa terlihat dari ujung hutan bakau jembatan.

      Hutan mangrove di Bali selain terkenal sebagai tempat rekreasi juga terkenal sebagai salah satu tempat favorit untuk foto prewedding. Tidak hanya orang-orang Bali yang melakukan foto pre-wedding di hutan mangrove ini, tapi pengantin dari Jakarta dan negara-negara lain memilih hutan mangrove di Bali untuk melakukan pre-wedding.

      Jika Anda berencana untuk mengunjungi hutan bakau Bali, maka anda harus datang di pagi hari atau di sore hari. dengan tujuan, sehingga matahari tidak terlalu panas dan jika anda beruntung maka anda dapat melihat gerombolan burung terbang di sekitar kawasan hutan mangrove.

Komentar