Museum Gunarsa

Museum Gunarsa

      Satu museum lagi yang harus Anda kunjungi saat anda berwisata di Bali yaitu Museum Gunarsa. Museum Gunarsa menyimpan berbagai benda seni Bali dalam bentuk penggabungan antara seni klasik dan modern. Akulturasi kedua seni ini telah membentuk napas dan menjiwai mayoritas karya seni di museum ini. Begitu banyak museum museum dan galeri lukisan yang ada di Bali, dan sebagian besar terletak di daerah Ubud, tapi ada sebuah museum lukisan yang terletak di wilayah Klungkung yang dimiliki oleh seorang maestro seni lukis Bali yang namanya sudah mendunia, iya dia adalah I Nyoman Gunarsa, maestro seni lukis klasik Bali.

      Museum ini berlokasi di jalur strategis tepatnya berada di pertigaan Desa Banda - Takmung 3km arah Barat Kota Semarapura. Bentuk bangunan museum ini adalah campuran dari arsitek Bali Modern yang terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu koleksi untuk lukisan klasik dan lukisan Bali modern.

      Kebersihan dan perawatan di museum ini dikelola oleh pemilik museum, karena museum adalah museum milik pribadi.

      I Nyoman Gunarsa adalah seorang pelukis Bali yang memiliki ciri khas tersendiri. Sebagian karya besar beliau diambil dari cerita dan legenda rakyat Bali. Karya-karya hasil I Nyoman Gunarsa diambil dari kesenian Bali, seperti tarian rakyat, upacara Bali, musik tradisional dan pengaruh lingkungan alam.

      Musem Nyoman Gunarsa dibangun tahun 1990 yang diprakarsai oleh seniman terkenal di Bali Drs. Nyoman Gunarsa. Museum ini kemudian diresmikan pada tahun 1994 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar pada saat itu) yakni Wardiman Djoyonegoro. Museum Nyoman Gunarsa memiliki tiga lantai dengan pembagian: 2 lantai untuk menyimpan berbagai koleksi seni lukisan, dan barang-barang antik khas Bali. Dan satu lantai ini digunakan untuk seniman lokal atau seniman asing yang ingin mengadakan pameran lukisan.

      Museum ini dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu koleksi lukisan klasik dan lukisan modern Bali. Untuk kebersihan dan perawatan di museum ini dikelola langsung oleh pihak pemilik museum, karena museum ini adalah museum swasta. Fasilitas yang terletak di museum ini, antara lain: toko suvenir dan toko buku, coffee shop, ruang istirahat dan taman yang luas, sementara area parkir terletak di depan museum.

      Di dalam museum setidaknya terdapat sekitar 250 lukisan disimpan yang dibuat dalam jangka waktu sekitar 20 tahun lalu. Selain itu, di museum ini ada juga patung tradisional Bali, berbagai wayang dan keris peninggalan kerajaan Gelgel. Di lantai museum ini ada sebuah panggung terbuka yang bernama "Surya Chandra Murti" dan di panggung ini dilengkapi dengan pintu gerbang besar yang dibuat oleh Nyoman Gunarsa.

      Lokasi dari Museum Nyoman Gunarsa terletak di Dusun Banda, Kec Bajarangkan, dan termasuk dalam Kab Klungkung. Lebih tepatnya berada di pertigaan Banda Desa Takmung, sekitar 3km ke arah barat Kota Semarapura. Museumini Buka mulai dari hari Selasa s/d Minggu pukul 09.00 s/d 17.00 WITA

Komentar