Tulamben

Tulamben

      Sebagai daerah wisata yang menjadi tempat liburan ataupun target kunjungan saat tour, maka kawasan Tulamben ini juga sudah tersedia insfratuktur serta fasilitas pendukung industri pariwisata baik itu hotel, restaurant,  beragam pusat informasi menyelam, layanan sewa mobil di Bali dan layanan tour. Jika anda punya waktu lebih banyak menginaplah disini, karena keindahannya bukan hanya bawah lautnya saja, tetapi juga sejumlah spot lain di sekitarnya seperti pantai Tapak Lawang, Batudawa dan Rumah Pohon.

      Terletak sekitar 100km dari dari Bandara Ngurah Rai atau sekitar 3 jam perjalanan dengan mobil ke arah bagian Timur pulau Dewata. Tempat ini memang merupakan salah satu site diving terbaik di kepulauan Indonesia, wisatawan eropah biasanya paling gemar dengan rekreasi ini, tidak mengherankan banyak wisatawan asing dari Prancis, Swiss, Spanyol, German, Belanda. Mereka menghabiskan hari-harinya agar bisa menikmati Tulamben, untuk melihat keragaman biota bawah lautnya. 

      Berwisata di Tulamben menyaksikan panorama bawah laut seperti eksotisme ikan-ikan berenang berseliweran, menggoda setiap mata pengunjungnya, warna-warni terumbu karang, tentu saja menjadi pemandangan langka serta menarik untuk dilihat. Tujuan untuk wisata di Bali , terutama untuk rekreasi underwater diving tujuan utamanya adalah bangkai kapal (wreck point). Kita tinggal berenang lebih ke tengah. sambil mengamati baik-baik ke bawah permukaan air. Kita akan bisa melihat buritan kapal tenggelam akibat ditembak terpedo milik Jepang pada perang dunia I tersebut.

      Bagian paling atas kapal ini hanya sedalam tiga meter dari permukaan. Kedalamannya hanya maksmimal 30 meter. Jika memang anda memang penghobbi diving ataupun menyelam objek wisata Tulamben ini akan sangat sayang untuk lewatkan, tempat terdekat lainya yang juga bagus untuk diving serta dengan keindahan matahari terbitnya adalah pantai Amed. Anda bisa juga sewa kapal nelayan untuk keperluan rekreasi memancing. Wisata di Tulamben selain pelancong dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara snorkeling maupun diving, anda dapat hanya bersantai di pinggir pantai meninkmati keindahan alam laut, menyaksikan aktifitas para nelayan, atau sewa perahu motor melakukan aktifitas memancing. Atau mengeksplorasi keindahan bawah laut, karena tempat ini merupakan lokasi diving terbaik di Bali.

      Bisa dibayangkan seandainya di objek wisata pantai Tulamben ini ada atraksi berjalan di dasar laut seperti rekreasi seawalker di Tanjung Benoa atau Sanur,  atau menjadi tempat rekreasi Odyssey Submarine seperti di Labuhan Amuk Antiga, dipastikan akan lebih mendongkrak kawasan pariwisata ini. Setelah puas menikmati keindahan Tulamben, saatnya anda mengeksplorasi tempat-tempat indah di kawasan Bali Timur lainnya, anda bisa sewa mobil berikut supir, melakukan perjalanan tour seperti berkunjung ke pantai tetangganya Amed,  taman air Tirtagangga, taman Soekasada Ujung dan pantai pasir putih Prasi.

      Dan jika anda suka petualangan trekking, mendaki ke Gunung Agung adalah pilihan menarik. Gunung Agung sendiri adalah gunung tertinggi di pulau Bali, terletak di Kabupaten Karangsem, dari Tulamben kemegahan dan keagungan gunung ini terlihat begitu sempurna, makanya wisatawan yang menginap pada kawasan Tulamben menjadikannya sebagai bagian dari wisata petualangan yang diminati. 

      Sejumlah objek wisata di Bali , bisa anda nikmati dengan mudah termasuk juga anda keliling pulau Dewata dan berkunjung ke Tulamben, karena Bali tidaklah begitu luas sehingga anda bisa mengaksesnya dengan mudah, baik itu dengan cara menggunakan jasa sewa mobil ataupun ikut tour.

Komentar