Taman Rekreasi Umbul

Taman Rekreasi Umbul

     Taman Rekreasi Umbul Kota Madiun merupakan taman peninggalan dari masa Belanda yang digunakan sebagai tempat peristirahatan. Lokasi dari taman tersebut berada di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Lokasi tempat ini memiliki jarak dari pusat Kota Madiun 20 kilometer dari arah selatan kota. Taman rekreasi ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas wahana yang diantaranya sebuah kolam renang, taman bermain anak kebun binatang mini, penginapan, pesanggrahan, rumah makan, serta sumber air belerang.

     Taman rekreasi Umbul berada di sebuah lereng gunung ungaran dengan memiliki ketinggian sekitar 1200 meter dari permukaan air laut, serta diapit oleh jurang dikedua sisinya. Taman wisata ini memiliki keindahan yang sangat menawan dengan kesegaran udara yang sangat sejuk serta memiliki keadaan air yang begitu jernih. Taman Rekreasi Umbul atau lebih dikenal dengan nama Madiun Umbul Square akan menambah wahana baru untuk wisata keluarga tersebut. Yaitu roller coaster, kora – kora, bianglal, out bond kids, serta bioskop tiga dimensi sehingga dapat beroperasi lebih sempurna saat dikunjungi para pengunjung yang datang di lokasi taman rekreasi tersebut. Dari beberapa wahana tersebut terdapat tiga wahana yang sudah mulai beroperasi. Yaitu wahana bianglala, kora-kora, dan wahana out bond kids. Sedangkan wahana roller coaster dan bioskop tiga dimensi masih dalam tahap uji coba.

     Untuk kebun binatang mini, pada tahun depan direncanakan akan ditambah koleksi satwa supaya kebun binatang tersebut dapat menjadikan hiburan yang lengkap bagi para pengunjung yang datang. Pengelolaan objek wisata ini dari tahun ke tahun terus dibenahi. selain menambah wahana baru pihak pengelola juga akan memberikan fasilitas umum yang lebih baik dan bersih.

     Seiring dengan perbaikan yang dilakukan oleh pihak pengelola serta penambahan wahana baru, para pengunjung Taman Rekreasi Umbul ini semakin meningkat jumlah berkisar 500 hingga 1.000 orang setiap harinya. Jumlah tersebut meningkat dengan signifikan pada saat akhir pekan tiba, atau pada musim liburan sekolah serta pada saat hari raya keagamaan. Harga tiket masuk di lokasi Taman Rekreasi Umbul atau Madiun Umbul Square mematok harga sekitar Rp10.000,- per orang. Namun ada beberapa wahana lain yang mewajibkan untuk membayar biaya tiket wahana tersebut per wahana yang tergolong cukup murah antara Rp5.000,- hingga Rp7.000,- per orang.


     Selain fasilitas yang disebutkan diatas, ada beberapa fasilitas lain yang ada di lokasi Taman Rekreasi Umbul yaitu Kincir angina atau wahana bianglala dengan memiliki 20 keranjang diwahana tersebut. Selain itu juga terdapat wahana baru yang berupa out bond, Kapal ayun, Komedi putar, Kereta mini, serta Gedung pertemuan. Berbagai perbaikan dan pengembangan di objek wisata ini terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kenyamanan kepada para pengunjung yang datang ke objek Taman Rekreasi Umbul.
 

Komentar