Gunung Kelud

Gunung Kelud

Gunung Kelud berada di perbatasan antara wilayah Kediri Malang dan Blitar lebih tepatnya Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri merupakan sebuah tempat wisata alam yang ada di Jawa timur, mempunyai ketinggian 1731 mdpl dan merupakan salah satu dari gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, tercatat terakhir meletus yaitu pada tanggal 14 februari 2014 .

Dari Kecamatan Wates, pengunjung harus melewati jalan yang cukup menanjak dan berliku. Sebelumnya aku berhenti di loket untuk membeli tiket masuk sebesar Rp 23 ribu untuk 2 orang + 1 motor. Disini bus-bus pariwisata yang berukuran besar parkir disini. Penumpang bus akan dioper menggunakan mobil yang berukuran lebih kecil.

 

Jalanan menuju kawah Gunung Kelud yang sekarang menjadi Anak Gunung Kelud ini didominasi dengan tanjakan-tanjakan yang cukup terjal. Tak jarang ada rambu peringatan agar menggunakan persneling 1 untuk melewati tanjakan-tanjakan tersebut.

 

Di tengah perjalanan juga ada yang namanya "Mysterious Road", jalan yang mirip Jabal Magnet di Arab Saudi. Tapi hanya kendaraan roda 4 yang bisa merasakannya. Caranya, mobil dibiarkan dalam kondisi menyala tapi pada posisi persneling netral, mobil akan maju meskipun jalannya menanjak. Setelah melewati jalan misterius tersebut, akupun sampai di area parkir yang sudah ramai dengan sepeda motor maupun mobil. Area parkirnya sangat luas dengan warung-warung makanan di tepinya.

 

Sepuluh menit jalan kaki dari tempat parkir, sampailah di Anak Gunung Kelud yang berduet dengan tebing batu tinggi menjulang yang sangat indah. Dahulu Anak Gunung Kelud ini masih berupa kawah dengan air yang berwarna hijau, tapi setelah letusan tahun 2007 lalu, kawah tersebut menjadi Anak Gunung Kelud. 

 

Selain menikmati pemandangan Anak Gunung Kelud, pengunjung bisa mampir di sungai air hangat yang berada tak jauh dari tempat parkir. Untuk menuju ke sungai air hangat ini, bisa dengan berjalan kaki ataupun menggunakan ojek dengan tarif Rp 25 ribu/orang.

Fasilitas wisata di Gunung Kelud memang sangat memadai. Mulai dari tempat parkir, warung makanan, tempat istirahat, toilet musholla, ada disini. Selain itu ada juga permainan flying fox dan persewaan kendaraan ATV di lokasi wisata Gunung Kelud ini.

Untuk makanan, pengunjung tak usah kuatir. Di samping tempat parkir terdapat deretan warung makan yang menyediakan menu khas Jawa Timur seperti rawon, soto, pecel, dan lain-lain. Harganya pun sangat murah, tak sampai 10 ribu per porsi. Semua warung makanan yang berjualan disini sudah terdapat daftar harga, jadi pengunjung tidak usah kuatir habis banyak.

Komentar