Seni Agung Rai (Arma)

Seni Agung Rai (Arma)

      Bali merupakan Pulau Sejuta pesona yang dapat kita temui di Pulau ini, lengkap dengan seni budaya, keindahan pantainya, Keagungan pura, panorama alam yang eksotis serta museum berkelas dunia. Museum yang mengoleksi hasil karya yang bernilai seni tinggi membuktikan bahwa Bali menjadi inspirasi bagi seniman, khususnya seni pahat patung dan seni lukisannya.

      Museum Seni Agung Rai ( ARMA) merupakan salah satu museum di Bali yang menampilkan berbagai koleksi lukisan dari pelukis-pelukis ternama dalam negeri maupun mancanegara. Museum Agung Rai bukan sekedar museum lukisan, namun museum ini merupakan tempat yang mempunyai keunikan tersendiri karena di tempat ini juga kita dapat mengetahui tentang seni budaya tradisional Bali. Musium Ini menampilkan antara lain tentang lukisan, gamelan Bali, tarian Bali, seni memahat kayu, batik Bali, sejarah Bali, serta makanan khas Bali, pengunjung dapat belajar banyak tentang seni dan budaya indonesia khususnya di bali dan belajar seni bersama dengan pemandu di musium ini.

      Museum Seni Agung Rai ( ARMA) selalu mengadakan pameran secara permanen atau bergantian, menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke musium ini karena saat pameran musium ini memajang berbagai lukisan terbaik dari pelukis ternama dan pelukis muda yang berpotensi.

      Museum Seni Agung Rai didirikan oleh Agung Rai, beliau seorang pecinta seni khususnya seni budaya Bali, musium ini diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Prof.Dr.Ing Wardiman Djojonegoro,diresmikan pada tanggal 9 Juni 1996 dan dikelola oleh yayasan ARMA (Agung Rai Museum of Art), yayasan ARMA didirikan tanggal 13 Mei tahun 1996

      Museum ini dilengkapi berbagai fasilitas yang akan membuat anda merasa nyaman di tempat ini, fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain, toko buku, perpustakaan dan ruang baca, ruang konferensi, hiburan, cafe, restoran, dan terdapat resort hotel dengan tempat parkir yang luas.

ARMA Kafe di Museum Seni Agung Rai

      Ketika berkunjung ke museum Seni Agung Rai (ARMA) cobalah juga untuk mencicipi berbagai menu yang disajikan sebuah kafe yang terletak persis didepan pintu museum ini. Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa kafe ARMA ini termasuk kafe yang menjadi favorit kalangan wisatawan yang pernah datang ke museum seni ini. Lokasinya yang masih dalam satu kompleks bangunan museum membuat siapapun yang lapar sehabis mengamati berbagai benda di dalam museum bisa dengan mudah berkunjung ke ARMA kafe.

      Suasana tradisional dan arsitekturnya yang unik menjadi kelebihan tersendiri bagi kafe yang satu ini. Mungkin karena kafe ini berada di lingkungan museum yang identic dengan benda-benda kuno membuat desain kafe ini juga mengusung unsur tradisional. Bangunannya sendiri berbentuk beranda dengan mengutamakan material kayu yang dominan sehingga unsur kealamiannya begitu terasa.

      Dan satu lagi yang akan membuat Ansa nyaman berlama-lama di ARMA kafe ialah ketenangannya sekalipun berada di tepi jalan raya yang selalu ramai. Berbagai menu tradisional menjadi andalan utama kafe ini seperti nasi campur, kopi Bali, seafood, sate lilit, sate babi, maupun pork loin. Nasi campurnya banyak diakui oleh orang-orang yang pernah dating kesini memiliki rasa yang khas dan sangat lezat sehingga membuat mereka ketagihan.

      Selain makanan yang membuat ketagihan banyak pelanggannya, juga ditempat ini kerap diadakan pementasan kesenian tari. Beberapa tarian dipentaskan disini seperti Tari Legong, Tari Barong, Keris dan lainnya. Bagi Anda yang ingin menikmati berbagai penganan yang tersedia sembari menonton tarian tersebut maka bisa memsan paket makan malam. Maka, dengan berbagai kelebihan tersebut Andapun direkomendasikan untuk dating kesini.

Komentar