Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

     Pantai Bandealit yang masih alami dan bersih ini memiliki banyak potensi menarik untuk dinikmati. Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, atau lebih tepatnya berada di Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember atau 60 km arah selatan kota Jember. Dengan koordinat GPS  -8.4847240 113.7170330. Di pantai ini Anda dapat melakukan beberapa aktivitas olahraga air, misalnya body surfing. Untuk body surfing, Anda dapat menyewa perlengkapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai. Ada juga pilihan kegiatan lainnya, seperti menyusuri sungai menggunakan speedboat, berkano, atau melihat burung yang banyak hidup di kawasan tersebut.

     Sebelah timur pantai Bandealit terdapat muara sungai yang luas menyerupai danau. Muara sungai (danau) ini ditumbuhi vegetasi mangrove dengan dominasi jenis Pedada (Sonneratia caseolaris). Di tepi muara ini berdiri pondok wisata. Lokasi penginapan di Bandealit ini cukup menarik karena menghadap ke hutan mangrove dan berada di atas danau Bandealit. Walaupun dekat pantai tetapi air di penginapan ini tawar karena diambil dari mata air pegunungan.

     Di muara sungai bagian timur pengunjung dapat melakukan aktifitas pengamatan burung, berkano atau menyusuri sungai menggunakan speedboat. Kondisi muara sungai bandealit ini cukup aneh, karena hanya pada musim kemarau banyak airnya dan menggenang menjadi danau, tetapi pada musim penghujan justru airnya kering yang tidak bisa untuk bermain kano dan speedboat.

     Obyek wisata Bandealit dapat dijangkau melalui rute dari kota jember anda harus menempuh perjalanan lagi sejauh 25 km menuju Tempurejo . Kemudian ana harus melanjutkan perjalanan agi selama 30 menit menuju desa Andong rejo . Dari Andongrejo menuju Bandealit harus menempuh perjalanan lagi sejauh 14 km hal ini dikhusus jalur ini direkomendasikan menggunakan mobil 4WD atau sejenisnya.

Komentar