Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

      Untuk Anda yang hobi berwisata alam, di Bali juga ada yaitu Taman Nasional Bali Barat. Dinamakan Bali Barat karena lokasinya yang berada di Bali bagian barat dekat pelabuhan gilimanuk.

      Taman Nasional Bali Barat merupakan hamparan taman di areal jalan raya Denpasar, Singaraja, Gilimanuk yang cukup luas. Luas keseluruhan dari taman ini adalah 19.002 Hektar, dari luas tersebut 15.587 hektar berupa areal daratan dan sisanya berupa areal perairan.

      Taman Nasional Bali Barat memiliki 2 buah pintu masuk yaitu melalui Gilimanuk sekitar 200 km dari Denpasar, dan dari pintu utama yaitu dari arah Singaraja di pertigaan cekik yang ditata dengan nuansa Nawasanga Linear.

      Taman Nasional ini memliki berbagai macam flora dan fauna yang membentang luas di areal taman nasional bali barat. Karena banyaknya flora dan fauna, taman ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian, pelestarian, dan perlindungan margasatwa beserta ekosistem alaminya. Fauna yang hidup di taman ini sangat bervariasi, bahkan ada fauna yang benar-benar langka hidup dan dilindungi di taman nasional bali barat ini.

      Diantaranya adalah burung jalak bali (leucopsar rothchildi), menjangan (cervus timorensis) yang hanya ada di Bali, kijang (muntiacus muntjak), banteng (bos javanicus), kera hitam (presbytes criscata), kancil (tragulus javanicus), kucing liar (felis bengalensis), kera abu-abu (macaca fasicularis),dan banyak lagi burung-burung dan reptilnya. Untuk jenis flora antara lain bayur sono keling sawo kecik (manilkara kauki), (dalbergia latifolia), (pterospermum diversifolium), dan cendana (santalum album).

      Selain daratan, taman nasional terkenal dengan kekayaan laut yang melimpah. Yaitu dengan terumbu karang yang menjadi andalannya. Terumbu karang di laut menjangan sangat beragam dan bervariasi, Tim peneliti pada tahun 1998 menyebutkan 226 jenis ikan karang dan 111 spesies karang dengan 18 familia.

      Taman Nasional Bali Barat ini adalah sebuah kawasan yang dilindungi oleh pemerintah setempat, oleh karena itu tak sembarang pengunjung bisa memasuki kawasan ini. Bagi Anda yang berkunjung ke kawasan tempat ini harus mendapat ijin dari pengawas setempat. Taman nasional bali barat ini terdapat 3 buah zona berbeda-beda.

      Zona ini memiliki fungsi dan pemanfaatan yang berbeda, ketiga zona itu diantaranya zona inti yaitu zona untuk yang pengunjung tidak diperbolehkan untuk memasuki zona ini karena pemanfaatannya sebagai tempat pengembangan dan penelitian. Zona kedua adalah zona rimba yaitu zona yang pemanfaatannya sebagai penunjang zona inti, tetapi di zona ini para wisatawan masih bisa dibebaskan untuk berpetualang. Zona yang terakhir adalah zona intensif yaitu zona yang pemanfaatannya dikhususkan untuk kepentingan wisata dan budaya, daerah yang termasuk zona ini adalah Teluk Terima, Prapat Agung, Klatakan, Pulau Menjangan, dan Bakungan. Disana para wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata diantaranya trekking, diving, birdwatching dan yang lainnya.

      Bagi Anda para wisatawan yang hobi melakukan fotografi alam, Taman Nasional ini adalah tempat yang paling tepat. Disana Anda dapat sepuasnya melakukan fotografi setiap objek yang ada di taman ini, tanpa takut ada yang melarang, asalkan jangan membawa senapan untuk berburu. Untuk Anda yang hobi dengan burung, juga dapat menyaksikan secara langsung burung-burung langka di tempat ini.

Komentar