Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar

      Air Terjun Kembar Buleleng merupakan salah satu air terjun yang terkenal di kawasan wisata Air Terjun Git-Git. Air Terjun Kembar Git-Git (GitGit Twin Waterfall ) biasa dikenal dengan nama Air Terjun Campuhan. Campuhan dalam Bahasa Bali bermakna campur. Yang artinya air terjun ini merupakan pencampuran dua anak sungai dengan sumber air terjunnya ada 3 mata air.

      Sedangakan dinamakan Air Terjun Kembar karena terdapat dua buah air terjun yang berdampingan dan berbentuk kembar. Air Terjun Kembar teletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali dengan ketinggian 45 meter dan kedalaman 10 meter. Air Terjun Kembar memiliki kolam kecil tepat di bawahnya dengan air yang sangat jernih dan dingin.

      Kedua air terjun ini memiliki suhu yang berbeda. Air terjun yang sebelah kiri airnya bersuhu hangat sedangkan yang di sebelah kanan airnya bersuhu dingin. Ketika musim kemarau, debit air terjun yang sebelah kiri akan berkurang, sehingga keseluruhan air akan bersuhu hangat.

      Air Terjun Kembar merupakan air tejun yang dikeramatkan oleh umat Hindu. Oleh masyarakat sekitar air terjun ini merupakan air terjun yang disucikan. Sehingga seringa digunakan sebagai ritual penglukatan atau pembersihan diri. Dan juga beberapa ritual keagamaan oleh umat Hindu yang dilakukan secara rutin seperti Mecaru atau persembahan sesajian pada sehari sebelum Nyepi dan Plodalan yang dilakukan dua kali dalam setahun.

      Menjadi tempat yang disucikan membuat suasana di air terjun ini menjadi sejuk dan damai. Apalagi di tempat ini banyak terdapat pepohonan hijau membuat kealamian tempat ini terpancarkan, meskipun di antara tebing cahayanya menjadi agak gelap.

      Dengan berkunjung salah satu destinasi wisata alam ke Bali Utara, menawarkan nuansa keindahan air terjun yang jernih dan segar. Udara di kawasan objek wisata air terjun ini juga sangat sejuk. Di sekitar banyak pepohonan yang rindang, menambah suasana hutan alami yang menakjubkan. Anda bisa menikmati kicauan burung sembari mendengar gemercik air yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

      Berbeda dengan kebanyakan air terjun biasnya yang banyak terdapat bebatuan, di Air Terjun Kembar Gitgit ini jarang terdapat bebatuan yang besar-besar, sehingga wisatawan baik lokal maupun asing bisa dengan nyaman berendam dibawah air terjun sembari menikmati aliran air di daratan tinggi Bali.

      Berada di antara perkampungan penduduk dan kebun cengkih, tidak membuat para pecinta wisata alam tidak bisa melakukan trekking. Anda tetap bisa melakukan trekking dengan medan yang berkelok - kelok dan naik turun di air terjun ini. Sedangkan untuk menuju ke air terjun yang sudah tersohor ini sudah disediakan tangga untuk naik turun, yang memudahkan wisatawan mengunjungi Air Terjun Kembar ini.

      Di bawah Air Terjun Campuhan, terdapat air terjun yang masih satu aliran. Air terjun yang pertama dan tak jauh dari Air Terjun Kembar yaitu bernama Air Terjun Mekalang. Air Terjun ini merupakan kelanjutan dari aliran air yang berasal dari Air Terjun Campuhan. Air Terjun yang kedua dengan 10 menit perjalan dari Air Terjun Mekalang yaitu bernama Air Terjun Bertingkat.

      Akses untuk menuju ke kawasan wisata Git –Git Air Terjun Kembar yaitu berjarak sekitar 15 km perjalanan dari kawasan wisata Bedugul atau sekitar 45 menit perjalanan. Dari Kota Denpasar berjarak 66 km dengan melintasi jalan yang berliku melalui Candi Kuning.  Dan 20 km perjalanan dari Air Terjun Sekumpul.

      Setelah sampai di area parkiran pedesaan, yang ditandai dengan adanya plang di sisi jalan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 400 meter perjalanan untuk menuju ke loket. Selanjutnya dari loket ke dasar air terjun, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak  sejauh 300 meter.

      Di Air Terjun Kembar banyak dijumpai penjual makanan, minuman dan souvenir kerajinan tangan. Harga tiket masuk ke kawasan wisata alam ini yaitu Rp. 5.000/orang.

      Dengan berkunjung ke kawasan objek wisata Bali Utara ini, Anda akan menemukan banyak tempat wisata yang jaraknya sangat strategis untuk dikunjungi.

 

Komentar