Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

      Merupakan salah satu objek wisata alam di Bali dengan pesonanya yang luar biasa, Air terjun gitgit. Berada di wilayah Bali bagian utara, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Bali. Ketinggiannya mencapai 35 meter. Berlokasi di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali menjadikan Air Terjun Gitgit merupakan air terjun di Desa Gitgit yang paling banyak diminati baik wisatawan lokal maupun asing.

      Nuasana alam nan asri sangat terasa di kawasan objek wisata ini. Bagi Anda pecinta petualang, Air Terjun Gitgit merupakan destinasi wisata yang paling tepat untuk dikunjungi. Di air terjun ini, Anda bisa melakukan banyak aktifitas petualangan, seperti trekking, melewati jalanan setapak berkelok dan naik turun bahkan Anda bisa juga melewati anak sungai yang jernih dan persawahan bertingkat , kebun cengkeh dan kopi untuk menuju ke lokasi air terjun ini.

      Meskipun pengunjung harus berjalan ratusan meter untuk mencapai kawasan wisata ini, namun jangan khawatir, semua usaha akan terbayarkan dengan keindahan alami Air Terjun Gitgit. Rimbunya pepohonan dan rambatan semak di tebing serta gemercik air menambah suasana semakin alami, segar, teduh dan asri.

      Air Terjun Gitgit sangat menawan untuk dinikmati. Tak heran jika air terjun ini selain sebagai objek wisata, juga digunakan sebagai tempat pemotrean oleh para photographer dengan air terjun sebagai objeknya. Karena begitu indah nan cantik, Air Terjun Gitgit sangat populer di Bali. Oleh karena itu air tejun ini jauh lebih lengkap fisilitasnya dibandingan dengan air tejun yang lainnya di Bali.

      Fasilitas di Air Terjun Gitgit diantaranya :

  1. Penginapan
  2. Bale peristirahatan tanpa dinding dengan luas 8 x8 m2 yang berjarak 20 meter dari air terjun
  3. Restoran
  4. Pura yang lokasinya dekat sekali dengan air terjun
  5. Toilet
  6. Berbagai art shop yang menjual berbagai souvenir khas Bali
  7. Dan berbagai kios yang menjual makanan dan minuman dan rempah-rempah asli hasil perkebunan penduduk lokal, dll

      Dengan berkunjung ke objek wisata ini, Anda bisa menyegarkan pikiran dengan bersantai di atas bebatuan besar, merasakan sejukanya udara, menikmati angin sepoi-sepoi, mendengarkan gemercik air yang mengalir melalui bebatuan sembari mengagumi pesona alamnya yang menawan. Air jernih yang mengalir di Air Terjun Gitgit merupakan aliran air yang berasal dari 2 danau kembar di Kabupaten Buleleng.

      Kejernihan dan kealamian air terjun ini sagat disayangkan jika Anda tidak menikmati segarnya mandi atau berendam di air terjun ini.

      Akses menuju ke kawasan wisata ini lebih mudah dilalui dari pada akses menuju air tejun yang lainya di Buleleng. Letaknya yang tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Denpasar, Bedugul dengan Kota Singaraja. Dengan jarak 11 km dari Kota Singaraja ke arah selatan menuju Desa Pancasari dan Bedugul atau 16 km dari kawasan wisata Bedugul dan 67 km atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar.

      Berada di wilayah pegunungan, membuat jalan menuju ke Air Terjun Gitgit cukup berkelok-kelok, tikungan yang tajam naik-turun dan terkadang jalan yang terbuat dari aspal hotmix tersebut diselimuti oleh kabut tebal.

      Setelah memakirkan kendaraannya, pengunjung akan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak unutk mancapai loket masuk kawasan wisata Air Terjun Gitgit. Tiket masuk ke kawasan Air Terjun Gitgit masih tergolong murah yaitu Rp. 5.000/orang dewasa dan Rp. 3.000 /anak-anak.

      Sebenarnya selain Air Terjun Gitgit, di Kabupaten Buleleng juga dikenal dengan 2 air terjun lainnya. Air Terjun tesebut yaitu Air Terjun Kembar dan Air Terjun Bertingkat. Masing-masing air terjun tersebut menawarkan ke eksotisan nuansa Wisata Indonesia Raya.

Komentar