Danau Buyan

Danau Buyan

      Selain Danau Tamblingan yang ditetapkan pemerintah sebagai Objek Kawasan Tempat Wisata Alam (WTA), yaitu Danau Buyan. Danau ini merupakan kembaran dari Danau Tamblingan, karena letaknya yang sangat dekat. Danau ini juga terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Sebenarnya ada empat danau di Bali yang lokasinya berada di kawasan daratan tinggi. Satu danau yang letaknya di daratan tinggi Kintamani yaitu Danau Batur, sedangakan tiga danau yang letaknya hampir berdekatan satu sama lain yaitu Danau Beratan, Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Danau Buyan merupakan danau yang paling luas diantara ketiga danau tersebut.

      Berbeda dengan Danau Beratan yang letaknya jauh di pinggiran jalan Singaraja-Denpasar ini yang pemanfaatnya lebih mengacu pada objek wisata komersial, Danau Buyan dan Danau Tamblingan merupakan objek wisata yang memang pemanfaatnya mengacu kepada wisata alam dan sangat dilindungi kealamiannya. Oleh karena itu baik di Danau Tamblingan maupun Danau Buyan wisatawan tidak akan menemukan perahu/kapal boat atau perahu-perahu mesin di danau tersebut. Semua kegiatan dilakukan masyarkat sekitar dengan menggunkan perahu atau sampan sederhana. Selain air danau tidak tercemar limbah mesin, juga menjadikan Danau Buyan menjadi tempat wisata yang nyaman dan tenang untuk dikunjungi.

      Danau Buyan dan Danau Tamblingan hanya terpisahkan oleh hutan yang panjangnya kurang lebih 1 meter. Di antara danau tersebut, terdapat sebuah kolam kecil yang terhubung dengan Danau Buyan dan oleh masyarakat sekitar kolam kecil ini dinamakan Telaga Aya.

      Luas kawasan wisata Danau Buyan sangat luas yaitu lebih dari 1.700 Ha belum termasuk hutan-hutan di pinggiran danau yang jika dihitung bisa mencapai 15.000 Ha yang sebagain besar wilayahnya yaitu hutan belantara dan hanya sedikit untuk wilayah taman hutannya.

      Masyarakat sekitar Danau Buyan, hanya memanfaatkan sedikit lahan sebagai kawasan pertanian. Para warga memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami buah-buahan dan sayur-sayuran yang memang cocok dengan daerah dingin. Diantaranya yaitu Buah Strawbery, Sayur Kol, dan sebagainya. Bahkan di kawasan wisata Danau Buyan, wisatawan akan dimanjakan dengan sensasi serunya memetik Buah Strawbery langsung di kebunnya. Dan tentunya harganya relatif jauh lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

      Sama halnya di Danau Tambligan, wisatawan juga bisa menikmati indahnya kealamian Danau Buyan dengan berkeliling danau menggunkan perahu warga sekitar. Di Danau Buyan, Anda juga bisa memancing ikan, tentuna di tempat yang tepat unutk memancing.

      Selain fasilitas-fasiilitas tersebut, fasilitas lain yang tak kalah sama dengan Danau Tamblingan yaitu, wisatawan bisa mendirikan tenda untuk bermalam atau sekedar istirahat di kawasan bumi Danau Buyan yang eksotis nan mempesona. Juga disediakan tempat untuk MCK di kawasan objek wisata alam ini.

      Danau yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1.350 meter di atas permukaan laut, menjadikan udara di kawasan Danau Buyan sangat dingin dan sejuk. Meskipun siang hari, udaranya tetap terasa segar dan sejuk, namun ketika malam hari pastilah udaranya menjadi sangat dingin.

      Untuk menuju ke objek wisata alam Danau Buyan yang terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini sangatlah mudah unutk ditempuh. Hanya berjarak 5 km perjalanan dari Bedugul. Dan Berjarak 21 km di sebelah selatan Kota Singaraja.

      Tiket masuk Danau Buyan yaitu Rp.5.000/orang untuk wisatawan lokal, dan Rp. 20.000/orang untuk wisatawan mancanegara. Untuk biaya berkemah, tarifnya sekitar Rp.6.000/orang. Harga sewa tenda sekitar Rp.150.000/tenda. Harga sewa pancing, sekitar Rp. 5.000/pancing.

      Wisatawan yang suka dengan pemandangan alam, bisa juga naik ke Desa Asah Gobleg, yang terletak di atas Danau Tamblingan dan Danau Buyun, untuk menyaksikan langsung dari atas kedua danau yang sangat indah dan menawan ini.

      Berwisata di Danau Buyan dan Danau Tamblingan tidaklah rugi, karena kedua danau tersebut letaknya sangat strategis yang diapit oleh tiga objek wisata Bali yang pastinya tak kalah menarik unutuk dikunjungi. Tiga wisata tersebut diantanya yaitu Puran Ulun Danu di Bedugul, Air Terjun Git-Git, dan Pantai Lovina.

Komentar