Air Panas Banjar

Air Panas Banjar

      Berwisata ke Bali tak lengkap rasanya jika tidak menikmati sensasi objek wisata yang satu ini. Wisata ini adalah tempat yang cocok buat Anda yang telah seharian berkeliling Bali, Anda bisa bersitirahat, merileksikan badan sembari memenangkan pikiran. Objek wisata ini  terletak di Desa Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.  Atau bejarak 25 kilometer dari Kota Singaraja dan 80 kilometer dari Kota Denpasar.

      Air Panas Banjar bersumber dari mata air alam sehingga masih kaya akan kandungan beleranganya. Oleh karena itu air panas ini diaggap banyak kalangan bisa menyembuhan berbagai penyakit kulit. Seperti kudis, kutu air, kurap, maupaun panu.

      Pemandian air panas yang terkenal di Bali ini sangat diminati para pengunjung baik turis lokal maupun turis asing. Dalam sehari saja banyak pengunjung yang tertarik untuk  berendam atau hanya sekedar berenang menikmati hangatnya air tempat ini.

      Air Panas Banjar diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, sejak masa kependudukan Jepang. Dahulu tempat pemandian air panas ini sangat dimaksimalkan fungsinya sebagai tempat menyembuhkan penyakit kulit. Sampai-sampai pemerintahan Jepang membangun tiga buah kolam air panas dengan tingkat ketinggian yang berbeda. Dan keberadaan tersebut masih tetep dipertahankan hingga sekarang.

      Berikut pembagian tiga kolam Air Panas Banjar Alami :

 

  1. Kolam Air Panas Pertama

Kolam ini terletak paling atas yang memiliki lebar 1,5 meter dengan panjang sekitar 12 meter dan kedalaman 1 meter. Air panas pada kolam pertama ini dialirkan melalui 8 mulut pancuran naga. Karena kolam ini merupakan kolam yang memiliki luas yang paling kecil dan kedalaman yang sangat dangkal sehingga para pengunjung/wisatawan yang mengajak anak-anak akan memilih berendam atau berenang di kolam ini.

 

  1. Kolam Air Panas Kedua

Kolam yang berada di bawah tingkatan kolam pertama ini merupakan kolam paling luas dengan kedalaman yang bervariasi. Dengan lebar kolam 10 meter dan panjang 12 meter dan kedalam yang terdekat dengan pancuran mencapai 1 meter dan terus menurun menjadi 2 meter, menjadikan para wisatawan untuk lebih berhati-hati dikarenakan kedalamannya yang bervariasi tersebut. Di kolam kedua ini air mengalir melalui 5 buah pancuran naga. Air mengalir dari kolam pertama karena letaknya yang berada tepat dibawah air panas pertama. Kola mini merupakan kolam yang paling banyak diminati pengunjung.

 

  1. Kolam Air Panas Ketiga

Kolam yang ketiga ini letaknya disebelah barat kolam air panas kedua dan terpisah dari kolam yang lain. Di kolam ini hanya terdapat 3 buah pancuran air. Namun yang membuatnya beda dari kolam yang lain yaitu pancuran pada kolam ketiga ini lebih tinggi mencapai kurang lebih 3,5 meter. Kolam ini juga cukup dangkal, kedalamannya hanya setinggi pinggang orang dewasa. Yang menjadi favorit di kolam ini yaitu sensasi dari pancuran airnya, tak jarang para pengunjung rela bergantian untuk merasakan pijatan ala pancuran dari kolam ini.  

      Setelah beberapa waktu Anda menikmati hangatnya berendam atau berenang di pemandian Air Panas Banjar ini, maka tubuh Anda akan jauh lebih terasa ringan dan  pikiranpun menjadi lebih segar sehingga siap untuk beraktifitas selanjutnya. Anda juga dapat memanjakan diri di tempat ini karena disediakan tempat untuk SPA And Massage yang berada di sebelah kamar ganti.

      Tidak perlu mahal untuk menikmati sensasi air panas alami ini, hanya dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang dewasa dan Rp. 3.000/anak-anak dengan jam buka dari pukul 08.00  sampai pukul 18.00 sangat cocok sebagai pilihan destinasi wisata Anda bersama Keluarga dan orang-orang tercinta.

      Namun, jika Anda tidak ingin ramai saat berkunjung di tempat ini, maka hindarilah datang di hari sabtu, minggu maupun saat liburan sekolah, karena tempat ini pasti sangat ramai.

      Lokasi untuk menuju ke tempat wisata ini juga sangat mudah namun jaraknya lumayan jauh. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa sewa mobil atau supir yang banyak tersedia di Bali. Dengan jarak tempuh yang lumayan jauh daripada tempat wisata yang lain di Bali, menjadikan Air Panas Banjar mempunyai sensasi tersendiri dalam menikmati perjalanan. Sungguh sangat menyenangkan bukan berwisata di tempat ini ?

 

Komentar