Air Sanih

Air Sanih

      Objek wisata Air Sanih yaitu berupa kolam atau pemandian yang airnya berasal dari mata air alami. Sumber mata air, diyakini masyarakat sekitar berasal dari Danau Batur. Danau tersebut letaknya ratusan kilometer dari kawasan wisata kolam renang Air Sanih. Air dari Danau Batur merupakan air yang disucikan dan sering digunakan dalam upacara keagamaan agama Hindu.

      Terletak di Desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Singaraja, Bali, Air Sanih atau yang disebut juga Yeh Sanih (Yeh = Air) ini dikelilingi oleh pantai. Namun hal itu tidak membuat air di kolam renang Air Sanih berasa air laut atau air asin. Air disini tetep air tawar yang segar, alami dan tentunya bebas klorin atau kaporit. Dalam babad Besi Mejajar, Yeh Sanih berasal dari Bahasa Bali yaitu Ersania yang bermakna Kelod Kangin ( Timur Laut ).

      Menurut legenda objek wisata Air Sanih ini digunakan sebagai tempat pemandian pasangan muda supaya hunbungan mereka semakin langgeng. Di kawasan objek wisata kolam renang Yeh Sanih ini terdapat pura yang ditunjukkan kepada sang Dewa Wisnu. Letaknya tepat berada di dekat aliran sumber air kolam pemandian Singaraja Air Sanih.

      Wisata kolam renang umum Air Sanih digai menjadi dua kolam, satu kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter diperuntukkan orang dewasa dan kolam satunya untuk anak – anak dengan kedalam hanya mencapai paha orang dewasa. Selain dua kolam tersebut, terdapat pula kolam kecil yang panjang yang mengalir mengelilingi sekitar area Air Sanih.

      Selain panorama pemandangan yang mempesona di objek wisata ini, yang tak kalah menakjubkan yaitu aliran mata air di objek wisata tirta ini tidak pernah berhenti. Air kolam renang ini sangat jernih dan akan tetap jernih karena aliran air yang terus mengalir tersebut diteruskan dan bermuara ke laut. Sumber mata air di pemandian Air Sanih Bali ini berada di sebelah pojok tenggara kolam renang. Tepatnya di selatan kolam renang dewasa di bawah Pohon Kamboja.

      Berwisata di kawasan objek wisata Bali Utara memang tak kalah seru dengan objek wisata di Bali Selatan. Ketika Anda mengunjugi wisata pemandian umum Air Sanih ini, Anda sekaligus bisa menikmati pemandangan salah satu pantai cantik di Bali, Pantai Lovina ( Lovina Beach Resort ). Letaknya yang menghadap lansung ke pantai menjadi pemandangan yang eksotis dan menarik. Ditambah dengan nuansa yang asri dan alami dari pohon-pohon besar yang tumbuh di sekitar kolam renang. Sangat tepat untuk memenangkan pikiran dan meyegarkan badan setelah beraktifitas dengan kebisingan di luar sana.

      Setelah Anda puas berenang di Air Sanih, silahkan menikmati deburan ombak pantai sambil duduk atau berbaring dan bermalas-malasan di atas pasir pantai yang hitam. Anda bisa juga menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang, dengan menyelam (snorkeling) atau scuba diving yang jaraknya sekitar 500 m dari Air Sanih. Atau menikmati lucu dan lincahnya lumba-lumba di Pantai Lovina.

      Seperti halnya objek wisata yang lain, yang dilengkapi beberapa fasilitas pendukung untuk wisatawan lokal maupun asing berkunjung ke kawasan objek wisata kolam renang Air Sanih Singaraja. Diantaranya yaitu :

  1. Penginapan
  2. Restoran
  3. Area Parkir
  4. Toilet
  5. Tempat penitipan barang, dll

      Sebenarnya tidak hanya Pantai Lovina yang bisa Anda kunjugi ketika berwisata di objek wisata Air Sanih atau Yeh Sanih ini. Di sini juga terdapat area tempat untuk berziarah bagi umat Katholik yaitu Goa Maria Air Sanih. Karena letaknya yang relative dekat, Anda cukup melewati jembatan kecil untuk menuju ke Goa Maria Air Sanih ini.

      Tidak hanya dimanfaatkan sebagai objek wisata dan ritual upacara umat Hindu, di kawasan Air Sanih juga dimanfaatkan oleh umat Muslim yang memiliki populasi lumayan banyak di Kota Singaraja. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Bali menerapkan konsep Menyama Beraya yang bermakna toleransi hubungan antar umat dan antar etnik. Hal inilah yang menjadi salah satunya yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Air Sanih.

      Untuk menuju ke lokasi kawasan objek wisata alam Air Sanih, hanya berjarak kurang lebih 17 km perjalanan atau sekitar 30 menit perjalanan di sebelah timur dari Kota Singaraja atau dari Pantai Lovina Bali. Sedangkan jika berangkat dari Bali Selatan, missal dari objek wisata Sanur, membutuhkan 92 km perjalanan atau sekitar 3 jam perjalanan.

      Harga tiket masuk Air Sanih Singaraja Bali yaitu kurang lebih Rp. 8.000/orang dewasa dan Rp.5.000/anak-anak. Dan untuk biaya sewa loker sekitar Rp.5.000/loker. Harga yang seimbang mengingat objek wisata yang ditawarkan begitu menakjubkan.

Komentar