Desa Sambangan

Desa Sambangan

      Sambangan merupakan sebuah desa dengan wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Desa ini terletak di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Desa dengan ketinggian antara 500 m hingga 1020 m di atas permukaan laut (dpl) ini memang desa yang masih sangat asri dan sejuk karena Desa Sambangan merupakan salah satu desa dengan kekayaan hutannya yang rindang.

      Desa Sambangan letaknya berdampingan dengan Desa Ambengan yang hanya dibatasi oleh jurang yang cukup lebar. Oleh karena itu geografis kedua desa tersebut tidak jauh berbeda. Topografi Desa Sambangan cukup bervariasi, sehingga sangat cocok untuk rekreasi adventure di Bali. Di bagian utara desa topografinya relatif datar, sedangkan di beberapa tempat relatif curam dengan kemiringan lereng 400.

      Memiliki rata-rata suhu udara di kawasan Desa Sambangan Bali yaitu sekitar 100 C dan 140 C dan suhu maksimum antara 210 C dan 250 C membuat  suasana di desa ini sejuk dan segar. Selain dikenal sebagai wisata alamnya yang menakjubkan, Desa Sambangan juga dikenal dengan wisata spiritual.

      Dikenal dengan wisata alam dikarenakan di Desa Sambangan wisatawan bisa melakukan trekking dan mengunjugi beberapa air terjun yang terletak di kawasan objek wisata Desa Sambangan. Sepanjang perjalanan, wisatawan juga bisa menikmati panorama pemandangan yang alami, seperti hambaran sawah terasering (rice  teracce) yang luas nan indah dan juga area perkebunan masyarakat sekitar. Terdapat pula hutan lindung yang berada di sisi selatan desa.

      Terdapat 7 air terjun di kawasan objek wisata screet garden (secret garden) Desa Sambangan, diantaranya yaitu :

  1. Air Terjun Dedari
  2. Air Terjun Cemara
  3. Air Terjun Canging
  4. Air Terjun Kroya
  5. Air Terjun Aling-Aling
  6. Air Terjun Kembar
  7. Air Terjun Pucuk

      Biasanya wisatawan menggunakan trekking untuk menuju ke beberapa air terjun seperti Air Terjun Dedari, Air Terjun Cemara, dan juga Air Terjun Aling-Aling. Anda bisa berendam dan beranang di kawasan air terjun Desa Sambangan untuk menikmati sejuknya dan segarnya air terjun alami dan jernih. Berbagai tumbuhan perkebunan yang ditanam masyarakat sekitar seperti kopi, cokelat, salak, pohon aren, nangka, pisang, dll.

      Adapun pembagian golongan trekking yang bisa dinikmati di kawasan objek wisata Desa Sambangan yaitu :

  1. Short Trekking, adalah perjalanan atau pendakian singkat yang hanya menempuh jarak sekitar 500 m, atau lebih dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Biasnya hanya menjelajahi empat air terjun di Sungai Banyumala. Atau lebih tepatnya mengunjugi spot plesir Air Terjun Aling-Aling. Yang membedakan dari trekking yang lain yaitu, short trekking tidak melewati Kebun Perbatasan Desa dan Kebun Rahasia.
  2. Medium Trekking, adalah perjalanan atau pendakian menengah, biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Penjelajahan medannya lebih sulit dari Short Trekking. Wisatawan bisa bersantai dan berenang di Sunga Banyumala. Kemudaian perjalanan dilanjutkana menuju ke Kebun Perbatasan Desa dan Kebun Rahasia yang sangat indah mempesona.
  3. Long Trekking, adalah perjalanan atau pendakian yang panjang dengan jarak tempuh sekitar 6 jam perjalanan. Selain mengunjungi Kebun Perbatasan Desa dan Kebun Rahasia, wisatawan melakukan perjalanan ke 7 Air Terjun Desa Sambangan. Juga menikmati Goa Tirta Kuning. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati aktivitas uniksperti jumping dan sliding. Perjalan berakhir di di Banjar-Anyar.

      Sedangkan untuk wisata spiritual di Desa Sambangan yaitu berupa meditasi atau aktivitas menenangkan pikiran dan jiwa. Biasanya selain mengunjungi air terjun, wisatawan juga mengunjungi Goa Tirta Kuning. Goa ini mempunyai tiga warna air yaitu putih, kuning, dan hitam. Goa Tirta Kuning ini dipercaya sebagai tempat yang cocok untuk meditasi dan untuk membersihkan dosa (melukat). Selain meditasi, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan yoga maupun liburan rohani yang lainnya.

      Para Petani di Desa Sambangan memiliki organisasi dalam pengelolahan dan pembagian air. Organisasi tersebut di kenal dengan Subak. Di Desa Sambangan terdiri dari 4 subak yaitu Subak Babakan, Subak Sambangan, Subak Muara dan Subak Cengana.

       Adapun fasilitas penunjang kawasan objek wisata Desa Sambangan yaitu :

  1. Penginapan
  2. Sarana Akomodasi
  3. Sarana Hiburan
  4. Toko Cidera Mata
  5. Areal Parkir
  6. Pramuwisata dan Pengatur Wisata
  7. Pos Keamanan, dll

      Akses untuk menuju ke kawasan wisata pusat Desa Sambangan yaitu berjarak 2 km dari Pemerintah Kecamatan, 3 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Buleleng, dan 76 km perjalanan dari Ibu Kota Provinsi.

      Baik wisatawan lokal maupun mancanegara kerap dijumpai berkunujung ke Desa Sambangan untuk menikmati dan mengagumi indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa.

Komentar