Rice Terrace Busungbiu

Rice Terrace Busungbiu

       Busungbiu merupakan sebuah tempat yang berada di Desa Kekeran Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali. Sebuah tempat dengan Maha Karya Ciptaan Sang Kuasa Alam dan Seisinya. Sebuah Tempat yang sangat spektakuler dan mempesona setiap insan yang memandang. Sebuah tempat yang selalu menarik untuk dinikmati bahwa betapa Agung dan cantiknya alam ini. Iya tempat itu tidak lain berada di Pulau Bali, Pulau Surga Wisata yang tiada duanya bagi para wisatawan, Rice Terrace Busungbiu.

      Rice Terrace atau biasa dikenal dengan terasering atau hamparan sawah ini berbeda dengan kebanyakan terasering di daerah lain. Hanya di Bali lah terdapat terasering Rice Terrace Busungbiu yang sangat menakjubkan. Bagaimana tidak? Hamparan sawah hijau nan asri ini dilatar belakangi oleh bukit-bukit yang sangat cantik dan mempesona.

      Di hamparan sawah, Rice Teracce Busungbiu Singaraja ini, selain perbukitan hijau yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara, terlihat juga untaian sungai yang mengalir tepat berada di tengah-tengah persawahan. Suara aliran air yang mengalir ditambah angin sepoi – sepoi menambah begitu asri, alami dan segarnya tempat ini.

      Aktifitas para petani disekitar persawahan, membajak sawah dan lain sebagainya akan menjadi pemandangan yang sangat mencerminkan suasana pendesaan yang alami. Pesona persawaan Bali ini membuktikan bahwa Bali tidak hanya manarik di wisata pantainya, masih banyak wisata alam lain yang tepat untuk dikunjugi. Dengan tanpa melupakan untuk selalu menjaga kelestarian dan kealamiannya.

      Terasiring atau sawah berundak-undak mungkin merupakan hal bisa bagi penduduk setempat Busungbiu, namun bagi orang yang tinggal diperkotaan, mereka akan terkagum-kagum melihat tersiring, Rice Terrace Busungbui ini. Sehingga bukan hal yang percuma jika wisata alam Rice Terrace Busungbiu Singaraja ini menjadi tersering terbaik di Indonesia. Bahkan kawasan wisata alam Rice Terrace Busungbui ini keindahannya sudah terkenal di Manca Negara.

      Destinasi wisata alam yang satu ini memang sangat tepat dijadikan pilihan salah satu tempat untuk sejenak melepaskan rutinitas membosankan di kegiatan Anda. Menikmati indahnya alam persawahan Busungbiu bersama keluraga menambah begitu nyamannya kawasan wisata Rice Terrace Busungbiu ini.

      Bagi wisatawan yang gemar dengan wisata alam, tidak ada salahnya juga menikmati trakting, menyusuri persawahan dan sungai. Dengan demikian Anda akan jauh lebih leluasa menikmati hamparan sawah hijau dan juga aktifitas para petani menggarap lahannya mulai dari pembibitan padi sampe panen, melihat sistem irigasi subak yang unik. Subak yaitu sistem irigasi tradisional Bali yang berbasis masyarakat.

      Wisata alam yang letaknya di kawasan Bali Utara berupa persawahan yang berliku-liku dengan teraseringnya yang berundak-undak ini bisa anda kunjungi, saat melewati jalan yang melintas kearah Busungbiu, baik yang melewati Desa Mayong maupun kearah Desa Busungbiu menuju Pupuan.

      Terasering, Rice Terrace Busungbiu terletak kurang lebih 39 km sebelah Selatan Kota Singaraja, dipinggir jalan utama singaraja-denpasar melalui Pupuan. Terdapat beberapa terasering selain Rice Terrace Busungbiu yang juga sangat memepesona untuk dinikmati, diantaranya Rice Terrace Jatiluwih, Rice Terrace Pupuan, Rice Terrace Tegalalang, Rice Terrace Antosari ( Soka Beach ), Rice Terrace Karangasem ( Dekat Tirta Gangga) dan Rice Terrace Ambengan.

      Namun, diantara beberapa terasering ( Rice Terrace ) tersebut, yang menjadi primadona wisatawan tetaplah Rice Terrace Busungbiu. Berbagai fasilitas tersedia di wisata alam ini, diantaranya tersedia lahan parkir, gazebo-gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati makanan bawaan bersama keluarga dan orang-orang spesial.

 

Komentar