Kintamani

Kintamani

      Kintamani merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan luar negeri. Tempat wisata Kintamani terdapat di kawasan kabupaten bangli. Untuk mengunjungi tempat wisata ini memerlukan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari kota Denpasar yang merupakan ibukota Provinsi Bali. Sementara jarak yang di tempuh dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali sekitar 79,9 km. Penelokan adalah salah satu tempat wisata yang terdapat di Kintamani.

      Penelokan merupakan bahasa bali yang berarti melihat-lihat. Tempat wisata ini terletak di pinggir kaledra Gunung Batur, menyuguhkan panorama Gunung Batur yang masih aktif serta danaunya yang memiliki bentuk bulan sabit. Karena terletak di tengah-tengah pegunungan serta di dataran tinggi, suhu udara di tempat wisata ini sangat sejuk saat siang hari dan akan sangat dingin pada malam hari. Karena tanah di sini sangat subur maka banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani. Karena memiliki tanah yang subur maka pohon jeruk, tomat, kopi dan lain-lain dapat berkebang dengan baik, sehingga menghasilkan buah yang yang banyak serta berkualitas.

      Di kintamani juga terkenal dengan jenis anjing yang memiliki ukuran badan sedang dan bulu yang lebat yaitu anjing kintamani. Anjing ini juga memiliki sifat yang berani dan cerdas. Anjing kintamani ini akan selalu ingat pada pemilik serta orang-orang yang telah merawatnya, makanya anjing ini di kenal dengan kesetiannya dengan pemiliknya. Tempat wisata ini memiliki pemandian air panas yang terletak di pinggir Danau Batur. Berdasarkan dari cerita pemandian air panas ini bisa mneghilangkan penyakit kulit. Air panas ini keluar dari sumber mata air yang terletak di dekat Gunung Batur. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata pemandian air panas ini. Di sebelah utara kintamani terdapat sebuah pura yang bernama Pura Batur. Pura Batur termasuk dalam jajaran pura penting yang terletak di Bali. Di tepi danau batur terdapat desa adat Trunyan.

      Desa ini memiliki tradisi yang unik yaitu tidak menguburkan jenazah dari orang yang sudah meninggal. Jenazah di letakkan di bawah pohon yang bernama taru menyan. Terdapat tiga jenis kuburan di desa ini yang dibedakan berdasarkan tiga jenis kematian. Apabila ada warga yang meninggal dengan wajar maka jenazah akan diupacarai dan ditutupi kain putih, setelah itu akan di letakkan di bawah pohon yang berada di lokasi sema wayah. Apabial ada warga yang meninggal dengan cara tidak wajar, maka jenazah akan di letakkan di bawah pohon yang berada di lokasi sema bantas. Sementara jika ada warga yang masih bayi/anak kecil serta warga dewasa yang belum menikah maka jenazah akan di letakkan di bawah pohon yang berada di lokasi sema muda. Jenzah ini tidak menimbulkan bau karena bau yang keluar dari jenazah di netralisir oleh bau yang keluar dari pohon taru menyan. Di Kintamani terdapat banyak tempat wisata yang dapat di datangi, oleh karena itu tempat wisata kintamani menjadi tempat wisata yang favorit di Pulau Bali. Banyak pengunjung dari dalam dan luar negeri yang datang ke temt wisata ini saat musim liburan. DI Kintamani sendiri sudah memiliki fasilitas wisata yang sangat memadai. Ada banyak hotel, guest house, restoran, dan warung yang terletak di daerah wisata kintamani serta memiliki harga yang bervariasi.

Komentar