Air Terjun Kuning

Air Terjun Kuning

      Air Terjun Dusun Kuning terletak pada ketinggian 25 meter dari atas permukaan Sungai (Tukad) Melangit yang mengalir menuju arah selatan. Dinamakan Air terjun Dusun Kuning hal itu dikarenakan lokasinya terletak di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Propinsi Bali. Air terjun tersebut betul-betul masih alami serta belum banyak diketahui atau dikunjungi banyak orang (terkecuali jika penduduk setempat) hal itu disebabkan karena letaknya yang tersembunyi. Selain indahnya air terjun, tempat wisata tersebut juga cocok untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan sekitar yang asri dan menawan. Tidak jauh pula dari lokasi air terjun tersebut, terdapat hutan yang dihuni ratusan kera. Adapun letak Air Terjun Dusun Kuning Sekitar 3 km berada di sebelah selatan Kota Bangli, tepatnya terletak di Desa Taman Bali.

      Untuk menjumpai air terjun kuning, memerlukan usaha serta perjuangan karena disebabkan akses yang menuju air terjun tersebut sangatlah sulit. Dari Desa Umanyar, harus menyusuri jalan melalui ladang penduduk hingga sampai di atas tebing, tepi Sungai Melangit. Sementara itu dari tebing tersebut, kemudian berjalan menuruni tebing untuk mencapai air terjun kuning, dan untuk menuruninya diperlukan kehati-hatian hal itu dikarenakan Akses jalan turun menuju air terjun melalui medan yang sulit dan berbahaya. Untuk mencapainya harus rela menuruni tebing dengan cara berjalan mundur yakni dengan berpegangan pada akar-akar pepohonan, hal itu dikarenakan tebing tersebut berdiri tegak 90 derajat. Selain itu, akses menuju air terjun tersebut belum betul-betul tersedia akses yang permanen guna memudahkan pada pelancong untuk menyaksikan keindahan air terjun kuning tersebut.

      Sangat dianjurkan untuk mengunjungi air terjun kuning pada saat musim kemarau, dimana kondisi tanah atau tebing dalam keadaan kering, sebab apabila mengunjunginya pada saat musim penghujan sangat tidak dianjurkan hal itu bisa berakibat pada tebing yang rawan longsor bahkan licin pada saat dilaluinya.

      Hanya berjarak sekitar 6 km berada di sebelah selatan dari Kota Bangli.  Dan untuk akses menuju ke air air terjun tersebut dapat dicapai berbagai jenis moda transportasi. Sedangkan dari dusun Kuning justru dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki dengan menumpuh jarak sejauh 500 meter menyusuri jalan kecil yang dikelilingi kebun cengkeh..

      Sementara itu dari Denpasar, untuk menuju Bangli dapat melewati Sukawati/Gianyar maupun lewat Jalan By Pass Ida Bagus Mantra.  Pada saat tiba di Desa Taman Bali (kurang lebih 3 km sebelum Kota Bangli). menjumpai pertigaan,  maka berbeloklah ke kanan dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di sebuah pertigaan, yang posisinya berdekatan dengan pabrik air minum “NON MIN.”. Setelah itu dari pertigaan tersebut, beloklah ke kanan hingga ujung jalan di dekat rumah penduduk. selanjutnya perjalanan setelah dari perumahan penduduk tersebut kemudian perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki, kurang lebih sejauh 300 meter untuk mencapai Air Terjun Dusun Kuning.

Komentar